Untuk menunjang pergaulan di era digital, salah satunya bisa dilakukan dengan selalu tampil eksis dengan posting foto dan status terbaru. Nah, menunjang kebutuhan akan status dan update posting terbaru tak lain setiap aplikasi yang digunakan membutuhkan fitur geo location. Ambil contoh seperti Foursquare, Instagram, Path, dan Twitter, aplikasi-aplikasi standar gaul tersebut membutuhkan yang namanya unsur geo location untuk memindai identitas lokasi keberadaan Anda. Alhasil dengan fitur tersebut, Anda tak perlu repot-repot menuliskan sedang ada di suatu lokasi tertentu, biar sistem yang akan memberi label keberadaan Anda di lokasi tersebut.

Terkait hal di atas, pastinya tak bisa lepas dari kualitas sinyal GPS (global positiong system) yang diterima ponsel Anda. Semua peranngkat GPS bisa bekerja maksimal bila berada dalam sebuah wilayah yang terkover lebih dari satu satelit. Dalam teorinya, GPS bisa mendapatkan koordinat lokasi karena ada satelit yang beredar di luar angkasa yang mengirimkan informasi. Nah, untuk mendeteksi keberadaan GPS dengan baik dibutuhkan lebih dari 1 satelit.

Maka itu, untuk menghemat waktu untuk upload konten dan update status yang membutuhkan identitas lokasi, sebaiknya Anda juga perlu ketahui terlebih dahulu sinyal GPS yang diterima oleh ponsel. Aplikasi yang menyediakan jasa ini pun sudah ada, tapi ada satu yang cukup menarik dan lebih memudahkan, yaitu GPS Satellite Widget. Dengan skema widget, Anda bisa memantau keberadaan sinyal GPS tanpa harus bolak balik ke suatu aplikasi, tapi cukup dipantau lewat widget yang ada di homescreen. Widget ini sangat praktis, indikator ditampilkan dengan angka, semakin besar angkanya maka berarti semakin kuat sinyalnya. Untuk memulainya Anda tinggal sentuh widgetnya, maka selanjutnya indikator akan bekerja.

GPS Widget

Meski dapat diunduh gratis di Google Play, GPS Satellite Widget ukuran file-nya hanya 364KB baru dapat diunduh untuk gadget Androd 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich) ke atas.

31. Tampilan widget tergolong kecil 1×1. Tampak ketika belum ada sinyal GPS yang terdeteksi.
2. Tampilan widget yang sudah membaca sinyal.
3. Pengaturan dalam GPS Satellite Widget.