Selasa, 9 Desember 2025
Selular.ID -

Kondektur Kereta Periksa Tiket Penumpang Via iPhone

BACA JUGA

selular201205081144309 May 2012 14:30
Perusahaan kereta api milik pemerintah Amerika Serikat, Amtrak, telah menemukan penggunaan baru bagi iPhone Apple untuk dimodifikasi menjadi scanner tiket elektronik. Sejak November 2011 lalu, sebanyak 1.700 kondektur telah menerima pelatihan sehingga pada musim panas tahun ini mereka siap dibekali iPhone untuk memeriksa tiket fisik maupun digital penumpang pada berbagai rute di seluruh negeri Paman Sam itu. Untuk mengecek tiket digital, iPhone akan membaca barcode tiket penumpang yang tentunya juga menggunakan aplikasi itu di iPhone. Dengan sistem ini akan ada banyak penghematan waktu dan kecepatan akses.Tidak hanya mempermudah tugas kondektur kereta api, sistem ticketing ini juga memberikan keleluasaan bagi penumpang untuk bisa reservasi dan membeli tiket melalui iPhone lewat aplikasi Amtrak. Mereka bisa mengatur jadwal, termasuk membatalkan atau memindahkan jadwal ke waktu yang lain. Kini penumpang bisa melakukan proses tersebut sendri di iPhone tanpa pergi ke mana-mana.

Smartphone besutan Apple tersebut tak hanya diberi fitur pengecekan barcode, namun juga baterai eksternal untuk daya tahan yang lebih lama. Pemeriksaan melalui iPhone akan langsung terhubung dengan database secara seketika (real time). Berkat teknologi ini, awak kereta bisa sekalian memeriksa tempat duduk yang kosong sehingga bisa segera mengisi dengan penumpang lain. Bahkan mereka bisa langsung melaporkan bila ada kerusakan di salah satu tempat semisal toilet atau pintu gerbong. Sistem EasyPaycheckout juga bisa sebagai sarana memberitahukan kalau ada penumpang yang membutuhkan kursi roda atau penumpang cacat turun di halte tertentu.

Menurut New York Times (7/5/2012), Amtrak disebutkan telah menginvestasikan dana US$7,5 juta untuk membeli iPhone serta dana sebesar US$5,5 juta untuk pengembangan perangkat lunak. Sebagai awal penerapan, sistem ini hanya berlaku bagi penumpang pengguna iPhone, Namun Amtrak menjanjikan penumpang yang menggunakan perangkat Android tidak akan lama lagi juga bakal menikmati fasilitas ini. Sementara penumpang pengguna handphone berbasis lain hanya bisa mengakses lewat website. Melihat kemajuan yang dilakukan oleh Amtrak, semoga sistem ticketing seperti diatas kelas bisa diaplikasikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI). (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.newyorktimes.com

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU