Produsen ponsel asal Tiongkok, Huawei, baru saja mengumumkan tablet Android anyar yang disebut Honor T1. Perangkat akan tersedia akhir bulan ini di sebagian pasar Eropa seharga €130 atau setara dengan Rp2,1 juta. Anda bisa mengintipnya di situs resmi Huawei Honor yang sengaja dirilis beberapa bulan lalu untuk mempromosikan merek Honor secara global.

Dari banderol yang dipatok, mudah diketahui kalau tablet bukan termasuk perangkat high-end. Namun, berbeda dengan penampakan tablet kelas menengah, Honor T1 memiliki desain unibody aluminium yang memberikan tampilan premium.

Honor T1 mengandalkan layar berdiagonal 8 inci dengan resolusi 800 x 1280 piksel. Sayangnya, software yang disuntikkan sebatas Android OS v4.3. Menilik fitur lainnya, masuk dalam lembar spesi termasuk konektivitas 3G, kamera belakang 5 MP, kamera sekunder VGA, prosesor quad-core 1,2 GHz Snapdragon 200, 1 GB RAM, dan memori internal 8 GB yang bisa diupgrade. Baterai berkapasitas 4800 mAh tertanam dalam kerangka yang tidak bisa dilepas atau diintip. Sang produsen mengklaim bahwa muatan daya tersebut bisa memberikan waktu siaga tablet hingga 20 hari, atau waktu penggunaan hingga 40 jam (berkat modus hemat daya).

Huawei-Honor-T1Warga India sudah bisa mencicipi Huawei Honor T1 dengan harga 9.999 INR, atau senilai Rp2 juta dengan konversi saat ini. Mengenai harga resmi dan ketersediaan di pasar Indonesia, bBelum ada informasi dari pihak Huawei. (bda)