selular201208061206066 August 2012 19:00
Mobile social messenger asal Belanda, Nimbuzz, memang kurang bergaung bila dibanding BlackBerry Messenger, WhatsApp Messenger, dan juga Yahoo! Messenger. Namun Nimbuzz nyatanya telah mengantongi 100 juta pengguna. Padahal tahun 2011 lalu, Nimbuzz harus puas dengan 50 juta pengguna. Dengan perolehan angka tersebut, maka chat IM multi-platform ini menjadi salah satu messenger terbesar pada perangkat mobile dan web.

Dikutip SELULAR online dari The Economics Times (1/8/2012), pengguna Nimbuzz tersebar di 80 negara di semua benua. Pengguna terbesar messenger ini berada di kawasan Asia dan Timur Tengah. Selanjutnya disusul kawasan Afrika, Eropa, dan Amerika. Perusahaan yang berbasis di Amsterdam, Belanda tersebut mengklaim pertumbuhan sosial messenger ini mengalami peningkatan sebesar 100 persen dari tahun ke tahun, dengan perolehan pengguna Nimbuzz dapat berkomunikasi lebih dari 1 miliar menit setiap bulan.

Nimbuzz mengkombinasikan instant messaging (IM), (geo) presence, dan VoIP (Voice over Internet Protocol) dari banyak komunitas populer seperti Skype, Windows Live Messenger (MSN), Yahoo! Messenger, ICQ, Google Talk, AIM, serta jaringan sosial termasuk Facebook, Twitter, dan MySpace. Nimbuzz menawarkan hal yang lebih menarik dibandingkan Skype karena dapat digunakan diberbagai platform komunitas online dilebih dari 5000 jenis handset. Perangkat Nokia mencatat peringkat teratas yang mengakses aplikasi satu ini.

Nimbuzz tersedia pada berbagai platform, termasuk iOS, Android, Symbian, Windows Phone, BlackBerry dan J2ME semisal Windows, Mac, dan Web. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di berbagai toko aplikasi online. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.theeconomicstimes.com