Wednesday, April 24, 2019
Home News Pengadilan Cina Adili 7 Pelaku Bedah Ginjal Untuk iDevice

Pengadilan Cina Adili 7 Pelaku Bedah Ginjal Untuk iDevice

-

4 December 2012 13:00
Masih segar diingatan kita mengenai seorang anak asal Cina yang nekat menjual organ tubuhnya demi membeli sebuah perangkat besutan Apple (iPhone 4 dan iPad 2). Bocah berumur 17 tahun tersebut ditawari imbalan uang sebesar 20.000 Yuan atau US$3.085 asalkan mau dibedah dan diambil ginjalnya, yang dihabiskannya untuk memiliki iDevice terbaru saat itu.
Tidak berselang lama, anak itu jatuh sakit dan orang-orang yang terlibat dalam operasi ilegal segera ditangkap dan dijebloskan ke dalam jeruji besi. Akhirnya, setelah lama menjalani proses pengadilan di Beihu District People di Kota Chenzhou, tujuh dari sembilan pelaku menjadi terdakwa dan harus menjalani masa hukuman di penjara.

Song Zhongyu selaku ahli bedah dan He Wei sebagai agen yang mengatur operasi, dijatuhi hukuman penjara masing-masing selama tiga tahun dan lima tahun. Menurut Shanghai Daily, Zhongyu menerima 52.000 Yuan sementara Wei mengantongi 56.360 yuan. Sisanya, dibagi secara merata kepada tujuh orang lainnya.

“Dari sembilan terdakwa, lima orang dituntut sebagai pelaku utama dan empat orang lainnya, termasuk dua perawat, seorang asisten bedah dan ahli anestesi, diadili sebagai pelaku pembantu”, dilansir Shanghai Daily.

Sejak 2007, Cina telah melarang praktek perdagangan organ tubuh manusia, kecuali untuk kebutuhan anggota keluarga dekat seperti pasangan dan kerabat darah. Menurut Departemen Kesehatan di Cina, sekitar 1.5 juta orang di negara itu memerlukan transplantasi setiap tahun, namun hanya 10.000 pasien yang berhasil mendapatkannya. Cina berencana untuk membenahi sistem transplantasi organ untuk memenuhi kebutuhan warganya. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.shanghaidaily.com

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest