4 December 2012 16:00
Pemilik smartphone kian dimanjakan dengan maraknya aplikasi instant messenger yang juga semakin canggih. Bukan hanya sebagai alternatif dalam berkirim pesan teks, tapi juga voice call. Kalau Anda salah satu pengguna layanan itu, pasti akrab dengan masing-masing fitur yang ditawarkan. Baik itu menggunakan Skype, Whatsapp, Mig33, Kakao Talk, dan lain-lain. Kini, muncul satu lagi layanan chatting yang membawa banyak fitur dan terintegrasi dalam merek Line.

Line merupakan mobile messenger dengan layanan jejaring sosial. Memberikan layanan chatting dan telepon gratis untuk sesama pengguna Line, baik di dalam maupun luar negeri. Line tidak bergantung pada jenis kartu atau jaringan telepon digunakan, karena bisa juga menggunakan sambungan WiFi.

Lalu apa yang berbeda dari Line dengan layanan sejenis? Cukup banyak. Selain fungsi utama chatting dan telepon, Line memiliki fitur unik yakni terjemahan instan yang membantu pengguna mengartikan suatu kalimat dalam bahasa asing. Lalu ada ‘Official Account’ yakni account resmi suatu merek (biasanya artis) yang menyediakan ruang interaktif kepada konsumen (penggemar) agar bisa menyampaikan keluhan atau pujian. Fitur ini menjadi ajang tepat bagi perusahaan dalam mempromosikan produknya karena menuju langsung kepada peminatnya. Ada juga fitur ‘Timeline and Home’ sebagai ruang berbagi cerita terkini dengan kontak yang tersimpan di handphone Anda. Lalu ada fitur unik yakni “Shake it” yang merupakan cara sederhana dan menyenangkan untuk menambah teman, hanya dengan menggoyangkan handphone Anda.

Fitur terakhir yang menjadi motor penarik minat penggunanya adalah “Sticker” atau biasa disebut dengan emoticons. Yakni sebuah gambar alternatif komunikasi unik pengganti teks yang dapat mengekspresikan emosi pengguna. Stiker Line memiliki empat maskot yang sudah berlisensi. Jadi berbeda dengan emoticon di aplikasi lain. Pengguna bisa membeli stiker terbaru yang dikeluarkan Line setiap minggu, seperti emoticon terbaru bertemakan “Oppa Gangnam Style” dalam berbagai pose. Tapi jangan khawatir, Line juga menyediakan banyak stiker gratis yang bisa langsung digunakan ‘user newbie’. Serta sesekali, Line akan mengadakan ‘Sticker Sale’ yang memberikan potongan harga pada stiker tertentu, bahkan gratis.

Aplikasi Line bisa digunakan untuk hampir semua jenis smartphone. Mulai dari iOS, Android, Windows, BlackBerry, sampai PC. Sayangnya, fungsi voice call tidak bisa dinikmati oleh pengguna BlackBerry. Diluncurkan pada bulan Juni 2011 oleh NHN, Line saat ini sudah memiliki lebih dari 80 juta pengguna di 231 negara di seluruh dunia. Selain mobile messenger, produk NHN lain ada Line Camera, Line Card, Line Brush, Line Pop, dan Line Games. (Khoirunnisa)

 

Sumber : www.selular.co.id (4/12/2012)