22 September 2014 14:40
Jakarta –  Pengguna internet di Indonesia memang terkenal aktif mengakses situs jejaring sosial. Dari seluruh pengguna internet di Indonesia, 98 persennya diketahui menggunakan internet untuk mengakses Facebook. Pernyataan resmi tersebut dikeluarkan oleh Astiti Suhirman, Business Director TNS Insight yang dibiayai Facebook, pada hari ini (22/09/2014).
Dalam survei yang dilakukan TNS antara Juli hingga Agustus 2013 lalu, proporsi akses Facebook memang sangat besar ketimbang social media lainnya. Dengan menggandeng 1002 responden yang tersebar di empat kota besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan), penggunaan Facebook mengantongi jumlah pengguna lebih besar dua kali lipat daripada Google+
Mengapa Facebook begitu digandrungi? Salah satu alasan utamanya adalah karena pengguna jejaring sosial ini tidak terkonsentrasi di suatu segmentasi, namun mencakup seluruh lapisan demografis. Baik umur, jenis kelamin, maupun status sosial. Memang, tak dipungkiri pengguna terbesar berasal dari kalangan muda yang doyan berkomunikasi dan eksis di dunia maya.
Pengguna di Indonesia terpantau menggunakan Facebook dalam aktifitas sehari-hari. Tempat paling populer untuk mengakses Facebook adalah ketika berada di tempat tidur (65%), diikuti selagi menonton televisi (41%), dan ketika berlibur (28%). Hampir setengah dari seluruh responden mengatakan bahwa Facebook merupakan sumber pertama mereka mendapatkan cerita dan informasi terbaru.
Indonesia diakui sebagai salah satu pasar terbesar bagi Facebook. Jumlah pengguna Facebook di Tanah Air kini mencapai 69 juta orang. Dari angka tersebut, menempatkan Indonesia di peringkat keempat sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna yang cukup tinggi, membuntuti Amerika Serikat, India, dan Brasil.
Mengikuti penetrasi internet Indonesia yang tinggi, kebanyakan pengguna mengakses Facebook melalui perangkat bergerak. Khusus di Indonesia, Sebanyak 31 juta pengguna aktif per harinya, 61 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile dalam pengaksesannya per bulan. Bahkan bisa dibilang, dari seluruh aktifitas menggunakan ponsel sepanjang hari hari, sekitar 25 persen waktunya dihabiskan memantau jejaring sosial asuhan Mark Zuckerberg tersebut. (Choi)

 

Sumber : http://www.selular.co.id/