12 May 2014 17:30
Layanan microblogging Twitter baru saja mengambil dua langkah konkret dalam upaya meningkatkan keamanan bagi 200 juta lebih penggunanya. Perbaikan itu mencakup reset ulang kata sandi secara lebih singkat serta identifikasi dan pemblokiran langsung dari login yang patut dicurigai. Jika pengguna berhasil lolos dari tameng identifikasi tersebut, Twitter akan memberi pertanyaan sederhana ke pengguna tentang akun mereka, “sesuatu yang hanya diketahui Anda,” untuk kembali memverifikasi sebelum benar-benar memberikan akses. Pengguna juga akan menerima email jika Twitter mendeteksi aktivitas yang tidak biasa pada akun mereka.
Agar lebih meningkatkan keamanan, sebuah kata sandi yang hilang atau lupa, sekarang bisa direset melalui dua metode, SMS atau email. Pengguna yang memilih email, akan menerima surat pengesahan membikin-ulang password melalui alamat email mereka. Jika memilih melalui SMS, pertama-tama pengguna harus mengasosiasikan nomor ponselnya dengan akun Twittenya. Setelah nomor tersebut diaktifkan, kemudian pengguna akan bisa menonaktifkan notifikasi teks yang tidak ingin diterima. Untuk mendapat pengesahan reset password melalui SMS, mereka harus mengklik tautan “forgot password” di website Twitter dan ketik nomor ponsel. Kemudian sebuah kode akan dikirimkan melalui SMS yang ketika masuk di halaman sign-in, akan mengizinkan pengguna membuat password baru untuk akun Twitter mereka.
Tentu saja Twitter bukan media sosial pertama yang memungkinkan pengguna untuk mereset password melalui SMS, tapi langkah ini dirasa perlu dan bagus karena pada akhirnya memberikan pilihan lain kepada pengguna untuk mendapatkan kembali akses mereka. (Nis)
Sumber : https://blog.twitter.com (11/5/2014)