selular20120809140349

10 August 2012 11:00
Perusahaan yang bergerak di bisnis keamanan digital, Gemalto berbagi rencana kesiapannya untuk meluncurkan layanan mobile payment berbasis NFC (Near Field Communication) di Singapura. Dalam sebuah konsorsium IDA (Infocomm Development Authority of Singapore), rencana tersebut akan menggandeng mitra seperti Citibank, DBS, EZ-Link, dan ketiga operator selular di Singapura.

Gemalto akan menyediakan dan mengelola layanan-layanan TSM (Trusted Services Manager) yang menghubungkan tiga operator telepon selular Singapura ke platform TSM interoperable. Ini merupakan pertama kalinya operator selular dan berbagai penyedia layanan lainnya bergabung untuk meluncurkan layanan NFC kepada masyarakat umum. Pendek kata, layanan NFC secara nasional tersebut akan dikelola oleh pihak ketiga.

Saat peluncuran komersial yang akan datang, konsumen akan memiliki kebebasan untuk memanfaatkan dan membayar menggunakan fitur NFC di perangkat mobile mereka, di lebih dari 20.000 titik retail seperti toko-toko, gerai makanan cepat saji, dan bahkan armada taksi.

Dalam beberapa minggu ke depan, para mitra akan memberitahukan kepada masing-masing pelanggan mengenai rincian peluncuran layanan khusus ini termasuk cara pengajuan permohonan dan menggunakan jasa NFC ini.

Keseluruhan sistem akan diaktifkan secara aman oleh Gemalto menawarkan fleksibilitas TSM yang dapat diandalkan dengan memanfaatkan data selular, SMS, atau saluran WiFi secara real time. Data center TSM di Singapur merujuk pada MasterCard dan Visa.

Beberapa model handset dari Samsung dan Sony telah disertifikasi untuk digunakan saat peluncuran. Selanjutnya, handset-handset NFC lain nantinya akan ditawarkan oleh operator selular dalam beberapa bulan mendatang. (Choiru Rizkia)

Sumber : www.gemalto.com