24 September 2012 14:30
Media penyimpanan mobile di cloud (komputasi awan) bukan diperuntukkan bagi semua orang. Maka dari itu banyak pengguna selular yang tetap lebih nyaman menyimpan data di handset. Nah, bagi mereka yang suka menyimpan file di smartphone dan tablet, kebutuhan akan kapasitas penyimpanan yang besar adalah suatu keharusan.

Sebagai produsen chip NAND flash yang menyediakan untuk beberapa produsen smartphone dunia, Samsung mengumumkan bahwa mereka sedang memproduksi chip NAND sebesar 128GB, atau dua kali lipat lebih padat dari penyimpanan terbesar yang ada sekarang yakni 64GB. Bila kebanyakan orang merasa penyimpanan sebesar itu di smartphone atau tablet sudah berlebihan, ternyata ada juga pengguna yang membutuhkan lebih dari kapasitas tersebut. Maka dari itu Samsung mengumumkan bahwa mereka sudah memulai memproduksi secara masal sebuah chip NAND flash berkapasitas 128GB. Chip tersebut mampu membaca data dengan kecepatan 140MB/s, dan menciptakan data dengan kecepatan 50MB/s.

Dengan memory storage tertancap sebesar 128GB, smartphone dan tablet PC bisa menyimpan hingga 15 item file video full HD dengan besaran 8GB per file. Samsung tidak mengumumkan smartphone apa yang akan menggunakan chip baru 128GB itu, tapi kemungkinan akan hadir dalam versi revisi Galaxy atau iPhone mendatang, bahkan mungkin juga Windows Phone. (Khoirunnisa)

 

Sumber : http://www.bgr.com/ (20/9/2012)