Sunday, June 16, 2019
Home News Samsung Galaxy S5 Akan Punya Fingerprint, Bukan Scanner Iris

Samsung Galaxy S5 Akan Punya Fingerprint, Bukan Scanner Iris

-

22 January 2014 11:00
Sepertinya, tak akan berhenti pemberitaan tentang Galaxy S5 dalam beberapa bulan ke depan, sampai smartphone flagship Samsung berikutnya benar-benar diumumkan secara resmi. Meski belum ada bocoran spesifikasi secara jelas, namun dugaannya Samsung akan membekali Galaxy S generasi kelima tersebut dengan fitur canggih termasuk scanner iris (mata) dan fingerprint – serupa iPhone 5S.Berdasarkan laporan dan berbagai sumber industri, Samsung diprediksi bakal menunda untuk menanamkan scanner iris pada Galaxy S5. Sebaliknya, vendor handset peringkat teratas dunia tersebut akan lebih fokus mengerjakan teknologi fingerprint scanning.

Menurut sumber KoreanHerald (19/1/2014) yang tidak ingin disebutkan namanya, dikatakan bahwa Samsung sedang menguji berbagai jenis scanner biometrik, namun iris (mata) bukan salah satu diantaranya. Dalam bayangan publik saat ini, scanner iris nantinya bisa dipergunakan untuk membuka kunci layar (unlock) di smartphone, dengan cara mendekatkan mata ke bagian depan perangkat. Mungkin cara kerjanya terdengar meragukan bila kita akan melakukan di ruangan yang gelap, bioskop atau ketika pengguna mengenakan kacamata hitam.

Bukan hanya melibatkan teknologi modul kamera saja, penempatan scanner iris di perangkat juga perlu diperhatikan. Modul kamera tersebut nantinya bakal digunakan untuk dua kebutuhan – salah satunya untuk selfies dan satu lainnya untuk pemindaian. Wakil presiden Lee Young-hee sendiri mengakui bahwa perusahaan memang sedang mempelajari pengenalan iris sebagai fitur masa depan, meski belum tahu kapan bisa diaplikasikan pada perangkat perdananya. Dua perusahaan Biometric – IriTech IriTech Inc. dan Sambon Precision – pernah menyangkal rumor yang menyatakan bahwa telah memiliki pembicaraan dengan Samsung perihal penggunaan teknologi iris-scanning mereka.

Sebagai gantinya, Samsung akan memusatkan proyek untuk menanamkan pemindai sidik jari (fingerprint scanner) di bawah layar, sehingga kunci layar perangkat bisa terbuka setelah pengguna menyentuhnya.

Perusahaan pembuat teknologi fingerprint asal Swedia bernama Fingerprint Cards AB telah mengakui pernah mengadakan pembicaraan dengan beberapa produsen smartphone besar, termasuk salah satunya vendor Korea. Namun, bukan berarti vendor tersebut adalah Samsung. Perlu diingat bahwa LG juga dikabarkan tengah bekerja pada embedding pemindai sidik jari di smartphone LG G3, yang diperkirakan bakal datang tahun ini.

Tren ponsel dengan teknologi fingerprint memang sedang naik saat ini. Ini dianggap sebagai salah satu fitur standart smartphone premium saat ini dan yang akan datang. Apple telah membekali smartphone iPhone 5S miliknya dengan fitur pemindai sidik jari tersebut. Padahal HTC telah bekerja lebih dahulu pada pelaksanaan teknologi itu bahkan sebelum Apple. Namun pada kenyataannya, peluncuran iPhone 5S berhasil menyalip HTC One Max. (Choi)

 

Sumber : http://www.koreaherald.com/

Latest