10 July 2013 11:00
Joe Belfiore, manager di divisi Windows Phone Microsoft, telah mengunggah beberapa sampel foto yang berisikan data EXIF di dalam akun situs Flickr miliknya. Bukan kumpulan orang-orang atau perhelatan lomba maraton yang menarik perhatian, namun perangkat yang digunakan untuk memotretnya. Dari resolusi yang terlihat, mengidentifikasi perangkat yang digunakan adalah smartphone fenomenal yang sedang ditunggu-tunggu pecinta fotografi mobile, yakni Nokia Lumia 1020.

Dari serangkaian jepretan sampel dari bermacam varian Lumia Windows Phone, ada dua foto yang disinyalir berasal dari “Nokia Lumia 1020”. Sampel pertama memiliki resolusi 2947 x 1658 pixel (5MP), dan yang lain terukur 2352 x 1568 pixel (3.7MP). Seperti yang kita tahu, resolusi contoh hasil kamera PureView generasi pertama yang diproduksi serupa dalam mode supersampling native. Meski EXIF dan Flickr Data terkadang bisa diutak-atik dan tidak akurat, namun nampaknya tidak mungkin bahwa Belfiore telah memalsukan sebuah gambar pada akun Flickr pribadinya.

8a
8b
Lumia 1020, yang bocorannya berkali-kali mengusung codename Nokia EOS, telah diidentifikasi oleh berbagai sumber sebagai Lumia 1020. Smartphone ini merupakan sekuel dari flagship Nokia Windows Phone, Lumia 920. Belum ada kejelasan apakah model Lumia terbaru ini akan menggunakan kata PureView dibelakang penamaannya, seperti seri pertama Nokia 808 PureView.

Nokia diharapkan bakal segera mengumumkan Lumia 1020 pada acara #ZoomParty di New York, tanggal 11 Juli mendatang. Sebelumnya, vendor besar ini telah menunjukkan teaser menggoda berbunyi “41 million reasons to zoom in.” (Choiru Rizkia)

Sumber : www.theverge.com