6 August 2013 10:00
Merancang sebuah ponsel berbekal Arduino bisa jadi bukti kemajuan para penghobi elektronik. Situs Hackaday memiliki satu contoh ponsel DIY (do it yourself) yang terbuat dari mikrokontroler Arduino. Dikatakan bahwa pembuat ponsel itu memiliki latar belakang pengetahuan minimum dan tanpa harus menguras rekening.

Tentu saja ini bukan ponsel DIY pertama yang kita jumpai. Namun ini merupakan favorit Hackaday dengan ukiran PCB (printed circuit board) di rumahnya. Sebenarnya ada lagi yang menawarkan Arduino dengan komponen yang sama pada bulan September tahun lalu. Tapi yang satu ini terlihat benar-benar dikerjakan lebih sempurna sehingga membentuk sebuah paket yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Sepintas Anda akan menyangka ia adalah monitor bayi, padahal sebuah ponsel.

Komponen yang dimaksud meliputi dan Arduino Uno, GPRS shield dari Seeed Studios, layar sentuh TFT, baterai Lithium dan pengisian sirkuit, dan beberapa komponen lainnya. Semua itu sudah terpasang di dalam casing 3D printed. Menurut Hackaday, kreasi unik ini adalah gagasan dari seorang hacker tunggal bernama “Victorzie”, menggunakan bagian off-the-shelf dan modded yang kemudian terhubung ke mikrokontroler Arduino Uno.

User interface sederhana untuk membuat panggilan telepon juga sudah tersumbat di dalamnya. Menu utama memiliki dua tombol, satu untuk menempatkan panggilan, dan satu lagi untuk mengirimkan teks. Dari situlah Anda akan mendapat keypad virtual yang terlihat untuk mengetik nomor telepon atau menulis pesan.

Sebagai informasi, Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. (Nis)

 

Sumber : http://hackaday.com (20/7/2013)