4 June 2012 11:00
Pengguna smartphone Windows Phone kini tidak perlu merasa iri pada handset lain yang memiliki kemampuan untuk mengambil gambar panorama 3D. Pasalnya, Microsoft telah merilis aplikasi Photosynth untuk platform besutannya itu. Photosynth merupakan aplikasi hasil rancangan Microsoft Live Labs, yang memungkinkan fotografer untuk membuat panorama 3D dari gambar 2D. Dengan Photosynth, Anda bisa menggabungkan gambar secara horisontal dan vertikal, untuk gambar 360 derajat.

Sama seperti aplikasi atau foto panorama lainnya, Anda bisa mulai dengan mengisi foto pada frame, hanya dengan menggerakan kamera secara berputar. Setelah kamera roll 360 derajat, aplikasi akan berjalan secara otomatis untuk menjahit gambar-gambar tersebut, kemudian membuat gambar panorama 3D. Setelah gambar diperoleh, Anda dapat berbagi gambar itu melalui jsitus jejaring sosial semisal Facebook dan Twitter. Atau bahkan memamerkannya di situs Photosynth, di mana Anda dapat melihatnya secara interaktif, layaknya Instagram.

Photosynth hanya bisa beroperasi pada Windows Phone 7.5 Mango, sama seperti semua aplikasi lain di Marketplace. Jadi sebaiknya Anda memperbarui smartphone Windows Phone sebelum mengunduh aplikasi ini. Selain WP Mango, Photosynth juga memerlukan kapasitas RAM 512MB, sehingga Nokia Lumia 610 tidak akan dapat menggunakannya. Aplikasi tanpa biaya ini bisa langsung di unduh di Marketplace.

Sebenarnya, Photosynth telah hadir sejak 2006 berkat demostrasi yang ditampilkan oleh Microsoft Live Labs. Sampai saat ini, aplikasi tersebut telah bertengger pada perangkat iOS selama setahun, yang telah menghasilkan 6 juta unduhan. (Choiru Rizkia)

https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=L0-rPd-YzrU

 

Sumber : www.intomobile.com