Sunday, September 22, 2019
Home News Pasca Moratorium, SMS Pull Indosat Meningkat Drastis

Pasca Moratorium, SMS Pull Indosat Meningkat Drastis

-

15 June 2012 18:00
Jakarta – Pada bulan Oktober 2011, moratorium untuk SMS premium telah diberlakukan oleh regulator. Sebagai dampaknya sudah terasa, yakni terpuruknya industri konten/aplikasi yang digawangi CP (content provider), dan disisi lain, operator selular juga terkena imbas dengan berkurangnya pendapatan dari sektor VAS (value added service).
Sebagai ‘buah’ dari diberlakukannya moratorium SMS premium, ada gejala yang dirasakan oleh operator. Seperti diungkapkan Andri Fisaterdi, Division Head Gaming & Content Indosat, “Pola SMS pull kini melonjak menjadi 90 persen, dimana sebelum moratorium SMS pull hanya mencapai 10 persen, dengan di dominasi oleh SMS push 90 persen,” ujar Andri dalam jumpa pers hari ini di Kantor Pusat Indosat. Dampak lain dari lesunya bisnis VAS, kapasitas server VAS Indosat kini hanya diberdayakan sekitar 30 persen saja.
SMS pull adalah layanan SMS berbasis request, jadi hanya ketika diminta maka informasi via SMS tersebut akan dikirim ke pengguna handphone. Layanan yang biasa menggunakan model ini seperti adalah kuis dan polling. Sebagai ilustrasi, SMS pull digunakan pada vote di ajang Indonesian Idol. Sebaliknya SMS push adalah layanan berbasis langganan dengan cara pendaftaran terlebih dahulu.  Layanan ini di dahulukan dengan kata ‘REG’. Selanjutnya selanjutnya secara rutin penyelenggara konten akan mengirimkan SMS secara rutin ke pelanggan tersebut. Dan baru akan berhenti ketika pelanggan mengirim permohonan yang biasanya diawali dengan kata ‘UNREG’. Soal REG dan UNREG inilah yang kemudian menjadi persoalan terkait aktivitas CP nakal.
Meski pendapatan menurun dari sektor VAS, Indosat telah melakukan beberapa perbaikan dan peningkatan kinerja, diantaranya implementasi proses baru, peluncuran layanan baru, koordinasi internal yang baik, menambah CP baru, dan memperkuat struktur organisasi. Sebagai informasi, kini ada 85 CP yang terverifikasi pada sistem Indosat. (Haryo Adjie Nogo Seno) 

 

Sumber : www.selular.co.id (15/6/2012)

Latest