16 June 2014 17:30
Salah satu penyedia layanan selular di Jepang NTT DoCoMo baru saja mengumumkan pengembangan prototipe SIM Portable nirkabel yang bisa menghantarkan gelombang sederhana ke smartphone yang kompatibel untuk menyediakan informasi varifikasi jaringan. Sehingga, perangkat bisa menyediakan cara yang lebih mudah beralih antar handset di masa depan. NTT DoCoMo mulai mengembangkan SIM Portable pada Oktober 2013, bekerja pada konsep dan fungsi. Setelah dirancang, prototipe dibuat dalam kemitraan bersama Sharp.

Menurut pengembangnya, prototipe itu menawarkan modul kartu SIM, Bluetooth, dan NFC. SIM Portable bisa mengirimkan rincian akun jaringan pengguna ke perangkat selular mereka melalui Bluetooth, jadi tidak perlu memasukkan kartu SIM ke dalam perangkat, seperti yang dibutuhkan saat ini.

SIM Portable akan memungkinkan individu untuk menggunakan beberapa smartphone dengan mandat yang sama dan untuk menyimpan informasi pengguna lainnya, seperti ID dan password untuk akses ke situs web, perangkat lunak, dan perangkat lain. Alat ini juga bisa melayani berpindah antara perangkat rumah dan kantor dengan mudah. Perusahaan berencana mencari cara agar SIM Portable bisa diintegrasikan dengan TV, pemutar musik, dan sistem informatika dalam mobil.

Saat ini, perusahaan tidak berencana untuk mengkomersilkan SIM Portable. Karena itu, prototipe tidak akan bekerja dengan perangkat selular yang ada di pasar. Sebagai gantinya NTT DoCoMo akan melanjutkan penelitian dan pengembangan. Salah satu bagian fokus dalam pengerjaan adalah bagaimana membuat perangkat lebih kecil dan lebih tipis lagi sehingga bisa tertanam dalam aksesoris yang bisa dikenakan, seperti jam tangan. (Nis)

 

Sumber : https://www.nttdocomo.co.jp (10/6/2014)