16 April 2014 09:30
Dalam dua event besar MWC 2014 dan Microsoft BUILD 2014, Nokia dinilai cukup gencar merilis produk baru. Antara lain Nokia X-series berbasis Android, Nokia Lumia 630, Lumia 635, Lumia 930, dan lainnya.

Tak cukup sampai disitu kesibukan pabrikan asal Finlandia tersebut. Menurut bocoran dari raja pengulik informasi per-ponsel-an di akun Twitter @evleaks (13/4/2014), dijabarkan bahwa Nokia tengah mengerjakan kreasi hingga 8 ponsel saat ini, dengan beragam kode nama. Mereka adalah Ara, Leo, Moonraker, Onyx, Peridot, Superman, Tesla, dan Vantage.

Tak ada penjelasan mengenai rupa dan spesifikasi masing-masing perangkat. Namun, sepertinya kedelapan smartphone yang masih misterius itu menjangkau seluruh kelas handset, mulai dari low hingga high-end. Dugaannya, empat ponsel akan masuk dalam lini Asha. Sementara, mungkin sisanya berasal dari jajaran Lumia atau bahkan anggota baru dari Nokia X-series.

Nokia dikenal memang cukup unik dalam memberikan nama sandi ke tiap perangkat barunya. Bila kita telisik kode nama dari handset yang masih terselubung tersebut, maka didapatkan bahwa “Moonraker” mengacu pada novel dan film James Bond di tahun 1979. Lalu, Onyx dan Peridot mengacu pada batu mulia.

Sementara, Nicola Tesla merupakan seorang pelopor dalam pemanfaatan listrik yang juga telah meminjamkan namanya kepada perusahaan mobil listrik Tesla. Seperti Moonraker, nama “Vantage” pun memiliki hubungan dengan film James Bond. Terakhir, Ara dan Leo mengacu pada opera sabun “Sana’y Wala Nang Wakas” dari Filipina. (Choi)

Sumber : https://twitter.com/evleaks/status/