15 June 2012 16:30
Nokia nampaknya tengah mengajukan kesepakatan dengan perusahaan-perusahaan di Swedia. Setelah dikabarkan akan menjual Vertu ke sebuah perusahaan Swedia bernama EQT Partner AB, kini Nokia berencana mengakuisisi Scalado, perusahaan teknologi gambar untuk perangkat mobile yang berasal dari Swedia. Rencana vendor asal Finlandia ini terkait ambisi mengembangkan fitur mobile imaging dan fotografi di smartphone Lumia. Akuisisi ini diperkirakan akan selesai prosesnya pada kuartal ketiga tahun 2012 mendatang.

Alasan Nokia memilih Scalado terletak pada sekitar 50 paten yang akan didapatkannya dari pembelian tersebut, terutama aset di bidang gambar atau fotografi. Kawasan Lund Swedia diharapkan menjadi salah satu pusat utama Nokia dalam mengembangkan perangkat lunak imaging untuk smartphone, disamping lokasi yang sudah ada di Espoo dan Tampere, Finlandia.

Scalado berdiri sejak tahun 2000 yang berbasis di Swedia. Perusahaan ini telah menjadi mitra dekat Nokia untuk beberapa waktu. Beberapa teknologi mereka telah dikembangkan untuk OEM (original equipment manufacture) termasuk Scalado Remove and Scalado Rewind. Scalado Rewind malah sudah terintegrasi dalam HTC One X. Perusahaan ini juga turut mengembangkan aplikasi Photobeamer untuk iOS dan Scalado Album untuk Android. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.press.nokia.com