Monday, June 17, 2019
Home News NASA Orbitkan Tiga HTC Nexus One Untuk Jelajahi Antariksa

NASA Orbitkan Tiga HTC Nexus One Untuk Jelajahi Antariksa

-

29 April 2013 17:30
Badan Antariksa Amerika Serikat atau biasa disingkat NASA telah banyak mengorbitkan banyak hal ke ruang angkasa, seperti manusia, roket, dan tentu saja satelit. Sebelum mengirim komponen-komponen dari bumi tersebut, perlu adanya perencanaan, perakitan, dan juga biaya besar. Kini, NASA tengah mengupayakan eksperimen satelit murah bertajuk PhoneSat melalui peluncuran tiga unit HTC Nexus One ke luar angkasa.

Tiga unit smartphone keluaran vendor asal Taiwan itu dipasang disebuah roket dan sedang mengitari bumi pada ketinggian sekitar 150 kilometer, dalam sebuah kubus logam berukuran 4 inchi. Hasilnya diharapkan bisa segera didapatkan dalam dua minggu ke depan.

Misinya adalah memotret dari luar angkasa dan mengumpulkan data satelit, lalu mengirimkan data-data tersebut (pesan radio) kembali ke bumi secara teratur. Ini masih permulaan sebelum smartphone benar-benar menjadi bahan utama dari satelit-satelit di masa depan. Salah satu alasannya adalah untuk menekan biaya pembuatan satelit. Dengan investasi kurang dari US$10.000, peralatan off-the-shelf (smartphone) ini terhitung jauh lebih murah dibanding biaya merakit satelit konvensional.

Latest