22 March 2013 19:30
BlackBerry berencana untuk menawarkan sebanyak empat smartphone BlackBerry 10 yang berbeda selama tahun ini. Salah satu perangkat tersebut diakui CEO Thorsten Heins membuatnya “sangat gembira”.  “Ada satu produk baru yang membuat Saya sangat bersemangat, tapi aku tidak bisa benar-benar menceritakannya,” kata Heins dalam sebuah wawancara CNET (22/3/2013).

Heins mengkonfirmasi bahwa perusahaan akan memiliki perangkat midtier akhir tahun ini, dan perangkat “misterius” itu kemungkinan dipersiapkan untuk menghentak pasar selama musim liburan, meskipun dia tidak 100 persen yakin smartphone bakal tersedia pada akhir tahun ini. Lebih lanjut, dia membeberkan akan ada 3 hingga 4  perangkat BlackBerry 10 untuk tahun 2013 ini.

Begitu ditanya apa yang membuat smartphone “misterius” itu menarik. Dia berujar, “Ini menjadikan BlackBerry 10 naik ke level lebih tinggi dalam hal user experience.”

BlackBerry telah meluncurkan dua perangkat perdana pada acara peluncuran Januari lalu. Salah satunya adalah smartphone layar sentuh BlackBerry Z10, yang segera debut di AS. Sementara, satunya lagi disebut sebagai BlackBerry Q10, yang masih mengusung keypad QWERTY. Heins mengharapkan Q10 akan beredar satu atau dua bulan di pasaran setelah Z10, dengan waktu yang tergantung pada persetujuan operator.

Mengutip bocoran, smartphone-smartphone BlackBerry yang bakal muncul nantinya menggunakan layar berukuran sama seperti Z10 (4.2 inchi), atau seperti Q10 yang memuat layar berukuran setengah dari panel depan. Perusahaan akan tetap berupaya menjaga kesamaan resolusi dan dimensi, sehingga para pengembang bisa membangun aplikasi secara konsisten untuk semua produk BlackBerry 10 masa depan. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : news.cnet.com