15 September 2012 10:00
Seperti yang Anda ketahui, Nano SIM card (4 Form Factor) akan melakukan debutnya sebentar lagi saat iPhone mulai dijual di pasar global. Nah, bagi Anda yang masih bertanya-tanya apakah bisa memotong micro SIM (3FF) menjadi ukuran Nano SIM, sama halnya dengan SIM card standard (2FF) yang dipotong menjadi micro SIM (subsriber identity module), berikut penjelasannya.

Penemu SIM dan pabrik pembuat Nano SIM card, Giesecke & Devrient telah menegaskan bahwa kartu SIM generasi keempat tersebut tidak bisa digantikan dengan Micro SIM karena Nano SIM memiliki ketebalan 15 persen lebih tipis dibandingkan dua SIM card pendahulunya. Sehingga usaha memotong SIM card akan sia-sia karena tetap tidak akan muat ke slot Nano SIM.

Juru bicara Giesecke & Devrient menyebutkan, “Seperti yang Anda ketahui banyak orang yang memotong SIM card konvensional menjadi Micro SIM dengan pisau, gunting, atau alat khusus lainnya. Beberapa diantaranya memang bisa, tapi ada juga yang gagal. Itu dikarena SIM 2FF dan 3FF memiliki ketebalan yang sama. Sedangkan Nano SIM lebih tipis 15 persen. Jadi kami kira kalau hanya memperkecil ukurannya, tidak akan berfungsi. Kompabilitas dengan perangkat model lama bisa menggunakan solusi adapter yang mengizinkan Nano SIM terintegrasi ke handphone yang sudah ada di pasaran.”

47
Tersirat dari ucapan perwakilan mereka adalah, kecuali Anda bisa juga memipihkan ketebalan micro SIM tanpa mempengaruhi chip di dalamnya, baru bisa digunakan pada slot Nano SIM. Tapi hal tersebut tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Kami tidak ingin menyarankan Anda untuk mencobanya untuk perangkat Apple terbaru kelak. Karena pasti operator selular sudah menyiapkan atau sedang memproduksi Nano SIM guna menyambut iPhone 5 (contohnya Vodafone). Jadi sebaiknya sedikit bersabar untuk menanti kehadiran Nano SIM card sungguhan di operator langganan Anda (bukan potongan 2FF atau 3FF) sebelum membeli iPhone terbaru. (Khoirunnisa)
Sumber : http://onlygizmos.com (12/9/2012)