Tuesday, May 21, 2019
Home News Meramal Nasib BlackBerry Messenger di Kompetisi Aplikasi Chat Lintas Platform

Meramal Nasib BlackBerry Messenger di Kompetisi Aplikasi Chat Lintas Platform

-

27 July 2013 10:00
BlackBerry Messenger (BBM) kemungkinan akan mulai tersedia untuk Android dan iOS pada akhir September. Keberadaan aplikasi chatting yang sempat eksklusif tersebut nantinya bisa dinikmati oleh tidak hanya pengguna smartphone BlackBerry semata, namun juga untuk pelanggan kedua platform itu. Melihat banyaknya aplikasi sejenis yang kian naik daun, kepopularitasan BBM memang patut dipertanyakan nantinya. Sebab, pengguna sudah disuguhkan banyak aplikasi chatting yang tentunya membawa ciri khas masing-masing. Jumlah unduhan dan volume penggunanya pun cukup fenomenal. Sebut saja, LINE kini telah mencapai 200 juta download, mengindikasikan adanya penambahan 100 juta selama hanya enam bulan terakhir. Sementara WeChat menduduki 300 juta download, dan KakaoTalk menembus 100 juta unduhan pada bulan Juli.

Aplikasi-aplikasi besutan developer Asia tersebut tengah eksis di pasar utama BlackBerry, yang menyasar pasar negara berkembang seperti Indonesia dan Afrika Selatan. LINE diklaim sebagai aplikasi terlaris di Tanah Air, sementara WhatsApp sendiri menempati urutan kesepuluh untuk kategori free download. KakaoTalk berada di posisi 14, dan diikuti WeChat pada peringkat 30. Padahal, Indonesia merupakan pasar penting bagi BlackBerry – mengantongi 18% pengguna.

Situasi serupa terjadi di Afrika Selatan. Dimana WeChat menempati peringkat pertama free download, disusul WhatsApp nomor 10 dan Viber diangka 14.

Data diatas mengisyaratkan bahwa aplikasi chatting seperti LINE, Kakao Talk, dan WeChat cukup kuat untuk mendominasi pasar download aplikasi secara keseluruhan. Tidak mustahil bila nantinya, beragam aplikasi chatting lintas platform tersebut menggeser ketenaran BBM di pasar potensial.

Tentu saja, banyaknya unduhan tidak berarti mencerminkan pengguna aktif bulanan. WhatsApp menyatakan telah memiliki 250 juta pengguna aktif, sementara perusahaan aplikasi messaging saingan hanya bicara mengenai tonggak unduhannya saja. Kemungkinannya, basis pengguna aktif bulanan (MAU) LINE atau aplikasi chatting lainnya malahan bisa kurang dari setengah atau bahkan hanya seperempat dari total download mereka.

Lantas, bagaimana nasib BlackBerry Messenger nantinya setelah menyambangi Android dan iOS? Ini tergantung pula semenarik apa fitur-fitur didalamnya. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.BGR.com

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest