Monday, May 20, 2019
Home News Korea Utara Masih Batasi Sinyal Handphone dan Akses Internet Warga

Korea Utara Masih Batasi Sinyal Handphone dan Akses Internet Warga

-

7 February 2012 13:00
Sebagai negara yang bisa dibilang ketinggalan zaman dari sisi teknologi informasi, impor handphone di Korea Utara saat ini bisa dibilang masih sangat sedikit. Statistik dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) terakhir mengungkapkan bahwa pada tahun 2010, Korea Utara hanya mengimpor 430.000 unit handphone dari Cina. Angka tersebut sebenarnya sudah melonjakan enam kali lipat dari impor tahun sebelumnya.
Sebenarnya sejak tahun 2008, perusahaan Mesir Orascom sudah memperkenalkan handphone dengan 3G, namun hanya sedikit masyarakat yang pakai. Selain harganya mahal, jangkauan yang terbatas, tarif mahal, dan tidak menyediakan sambungan internasional. Parahnya segala akses dan konten diipantau penuh oleh pemerintah.
Pemerintah Korea Utara memang telah mengizinkan penduduknya menggunakan telepon genggam serta membuat jaringan 3G, namun bukan berarti negara tersebut mulai membuka diri pada teknologi dari dunia luar. Terbukti, hingga saat ini pemerintah Korea Utara masih belum memperbolehkan penduduknya mengakses internet.
Tidak berbeda jauh dengan Kim Jong Il, Kim Jong Un, penerus kepemimpinan di Korea Utara juga akan selalu menjaga ketat teknologi yang berkembang. Jaringan internet di sana dihubungkan lewat satelit ke server luar negeri. Dan yang bisa mengakses hanya sebagian kecil orang Korea Utara seperti pejabat berpangkat tinggi dan diplomat luar negeri.
Warga biasa di Korea Utara hanya boleh terhubung jaringan internet besar Kwangmyong. Kwangmyong merupakan jaringan internet yang tersedia melalui koneksi dial up dan dapat diakses selama 24 jam. Kwangmyong menyediakan inbox email, informasi berita lokal yang isinya propaganda, dan informasi dari situs web luar Korea Utara yang sebelumnya telah disensor. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.cellular-news.com

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest