4 June 2012 19:00
Jepang cenderung berada di garis depan dalam penerapan teknologi NFC (Near Field Communication). Negeri Sakura itu telah memimpin layanan mobile payment dengan smartphone berkemampuan NFC bertajuk FeliCa. Tidak hanya digunakan pada pembayaran saja, NFC nyatanya bisa difungsikan untuk media iklan.

Biro iklan Jepang, Shunkosha telah menggunakan cara cerdas untuk mempromosikan layanan dari HIS (biro perjalanan). Sejak tanggal 21 Mei lalu, Shunkosha menyematkan URL yang bisa diakses pengguna kereta bawah tanah (subway) di Tokyo. Pengguna hanya perlu menempelkan handset mereka ke tali gantungan. Setelah itu mereka bisa melihat tampilan beberapa iklan berkat teknologi NFC tersebut. Walaupun sambil berdiri dan bergantungan.

Saat ini, Shunkosha masih berkutat pada rute kereta bawah tanah antara Ginza Tokyo hingga Marunouchi. Soal keamanan data, tidak perlu khawatir karena tidak ada informasi pribadi yang diperlukan. Data ditransmisikan satu arah. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.ubergizmo.com