31 January 2013 15:00
Rumor mengenai kemungkinan smartphone terbaru Apple yang bakal meluncur tahun 2013 ini cukup membuat penasaran publik. Ada yang menyebutnya sebagai iPhone 5S, namun ada juga yang mengemukakan tentang kehadiran iPhone dengan harga murah. Memang, iPhone harga miring tersebut telah dibantah oleh pihak Apple. Namun bukannya mereda, rumor itu kembali merebak dengan informasi yang menyebutkan iPhone murah itu akan menggunakan bahan plastik.
Sumber orang dekat Apple menyebutkan bahwa iPhone murah itu akan menggunakan bahan plastik sebagai rangkanya. Hal ini turut diperkuat oleh laporan terbaru dari iLounge (28/1/2013), yang memuat sebuah “penampakan” dari sebuah smartphone yang diduga milik iPhone murah.

iPhone murah dikatakan mengusung kombinasi dari sejumlah perangkat mobile iOS, termasuk panel depan iPhone 5, bagian bawah mirip iPod touch generasi kelima, dan bentuk keseluruhannya mengikuti desain dari iPod classic.

Smartphone “plastik” memiliki bentuk lebih melengkung (curve shape) daripada model iPhone terbaru, meski tidak sepenuhnya mirip dengan lengkungan penuh pada case belakang, seperti yang terlihat pada iPhone 3G/3GS. Sebaliknya, desain kurva dari depan hingga ke panel belakang smartphone terbilang datar, mirip dengan iPod classic.

iPhone model ini juga dikabarkan memiliki bagian belakang serupa iPod touch generasi 5th, dengan komposisi tata letak port headphone, port lightning, mikrofon bawah dan speaker, yang terlihat penempatannya sama dengan iPhone 5.

Meski membidik segmen menengah, iLounge juga memperkirakan iPhone murah masih akan mengadopsi layar Retina khas Apple, dengan ukuran bentang layar  4 inchi (1.136 × 640 pixels) dalam balutan Gorilla Glass.

Seperti yang kita ketahui selama ini, Apple identik menggunakan bahan kaca dan logam unibody untuk rangka body iPhone. Penggunaan bahan plastik ini untuk menekan biaya produksi agar bisa mendapatkan harga jual yang murah. Namun ada rumor lain yang menyebutkan bahwa iPhone murah kemungkinan akan menggunakan rangka dari bahan campuran plastik dan logam. Kabarnya, iPhone murah ditujukan untuk menyasar pasar berkembang, seperti di benua Asia. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.ilounge.com