16 October 2013 17:30
Bagi perusahaan, menciptakan interaksi langsung yang positif dan memberikan kepuasan bagi pelanggannya adalah hal yang utama. Karenanya berbagai saluran komunikasi agar pesan perusahaan tersebut dapat diterima dengan baik oleh pelanggan pun dioptimalkan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan saluran komunikasi mobile.
Dengan penetrasi ponsel di Indonesia hampir 120%, strategi pemasaran dengan memanfaatkan komunikasi mobile dan mengimplementasikannya melalui aktivasi online dan off-line merupakan langkah jitu untuk merangkul dan meningkatkan bisnis merek. Termasuk dengan mengoptimalkan aplikasi social communication platform, dimana melalui aplikasi sosial tersebut kini pemasaran sebuah produk lebih tepat sasaran dan perusahaan dapat mengukur respon dan hasilnya.
Dalam kaitan tersebut, WeChat, aplikasi chat asal Cina, melalui fitur Official Account membantu pemilik merek untuk memasarkan produk mereka dengan menjadi partner bisnis di pasar lokal. Dengan memanfaatkan fitur Official Account, perusahaan dapat membangun interaksi yang relevan dan bermakna dengan pelanggan mereka melalui social communication platform yang dimiliki WeChat. Fitur ini pun berguna untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap merek dan menyediakan nilai tambah melalui konten-konten yang menarik. SDK dan API cuma-cuma tersedia bagi pemilik official account untuk membangun aplikasi pada WeChat.
Sebagai contoh, KFC Indonesia, telah menciptakan official account personal mereka di WeChat, dan baru saja menjalankan promosi “Free Goceng”. Dengan adanya kerja sama promosi ini, pengguna WeChat dapat menikmati tambahan paket santap gratis senilai Rp5 ribu di 450 gerai KFC yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mendapatkan paket “Free Goceng” ini, pengguna cukup mengunduh aplikasi WeChat di ponsel – bagi yang belum menginstal WeChat – lalu mem-follow official akun “KFC Indonesia”. Pengguna WeChat yang telah mem-follow ID KFC di BlackBerry, Android dan iOS ini dapat menunjukkan paket “Free Goceng” yang diperoleh di kasir setelah melakukan pembelian minimal Rp 22.000. Selama masa promosi berlangsung, pada September lalu, KFC telah menerima respon yang sangat positif. Ribuan pelanggan KFC di seluruh Indonesia telah memanfaatkan promosi yang dijalankan via WeChat.
Kesuksesan pemasaran di WeChat menambah daftar keberhasilan serupa yang telah dijalankan di beberapa negara lainnya. Misalnya McDonald,KFCdan Nike di Hong Kong, Chang Beer di Thailand dan Domino’s Pizza di Malaysia. Baru-baru ini di Hong Kong, akun Resmi Nike menawarkan penggemar untuk berbagi gambar pada WeChat dan mengumpulkan print-out di Toko Nike. Di Taiwan, WeChat dan 7-Eleven store menciptakan “We7Net Account” untuk mempromosikan dengan memilih menu agar dapat terhubung ke situs belanja online 7Net. (Hans)
Sumber : www.wechat.com