Selasa, 5 Agustus 2025
Selular.ID -

Facebook Uji Cobakan Iklan Mobile Berbasis Lokasi

BACA JUGA

22 June 2012 16:30
Iklan berbasis lokasi bukanlah hal baru. Setelah Google, kini stus jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook sedang mempersiapkan jaringan periklanan baru yang mengijinkan perusahaan pengiklan menargetkan pengguna berdasarkan lokasinya.
Saat wawancara dengan Bloomberg, Carolyn Everson selaku VP Global Marketing Solutions dari Facebook, mengungkapkan bahwa fitur periklanan baru tersebut telah menjalani uji coba selama beberapa bulan terakhir. Berkat metode seperti itu, pengguna bisa melihat evolusi produk dari waktu ke waktu, terutama bagi pengecer. Namun Ia tidak membeberkan detail lengkap tentang layanan ini.

Facebook menentukan lokasi pengguna berdasarkan alamat IP (Internet Protocol), yang dapat membantu mengidentifikasi negara atau kota keberadaan seorang pengguna secara fisik. Jika pengguna sudah mencantumkan alamat mutakhir dalam profil (kronologi) mereka, mereka dapat melihat iklan yang ditargetkan ke lokasi tersebut, di mana pun saat itu mereka berada.

Kehadiran fitur ini secara otomatis mendorong Facebook memasuki arena bisnis layanan berbasis geo-lokasi. Tentunya, seperti layanan serupa, Facebook pun akan mendorong pengguna agar rajin check in di perangkat mobile dengan mengiming-imingi mereka berbagai diskon menarik atau keuntungan lainnya. Facebook menggunakan fitur real-time yang akan memungkinkan iklan tepat mencapai user yang ingin dituju berdasarkan lokasinya. Berdasarkan data yang pernah dilaporkan, platform mobile memang menyumbang trafik yang cukup besar bagi kesuksesan jejaring sosial ini. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.slashgear.com
- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU