Seorang senior eksekutif Nokia Jo Harlow mengisyaratkan sedikit gambaran tentang kemampuan baru yang akan disuntikkan ke dalam smartphone Lumia di masa mendatang. Harlow mengatakan Lumia mungkin datang dengan dukungan dual SIM serta peningkatan teknologi kamera yang radikal.

Awal tahun ini, kita sempat mendengar berita Nokia berkolaborasi dengan Pelican Imaging untuk teknologi kamera array 16-lensa. Nah, pada sebuah wawancara, Harlow menmgatakan teknologi ini akan datang ke camera phone besutan Nokia. Teknologi kamera karya Pelican Imaging itu menempatkan 16 lensa dalam formasi 4 x 4, yang masing-masing lensa memiliki sensor sendiri. Ketika gambar ditangkap, software-nya akan memadukan semua hasil jepretan lensa dan menjadikannya satu hasil utuh yang cemerlang (berkat perpaduan 16 lensa). Kamera array juga memungkinkan pengguna memfokuskan area tertentu pada gambar setelah foto selesai diambil. Pelican mengatakan setidaknya ada satu smartphone akan mengusung teknologi ini tahun depan.

Memang terlalu dini untuk memastikannya sekarang, tapi mungkin kita akan menemukan teknologi ini diimplementasikan ke smartphone Lumia EOS.

Jo Harlow juga mengatakan smartphone Lumia mendatang akan hadir dengan dukungan dual-SIM. Seperti yang kita ketahui, Windows Phone series besutan Nokia, hingga kini belum ada yang mendukung SIM card ganda aktif bersamaan. Padahal kita tahu Nokia memiliki daftar panjang dalam portofolio Dual SIM phone. Menurut Nokia, perangkat berkemampuan SIM card ganda tersebut sangat populer di pasar negara berkembang seperti India. Maka wajar bila Nokia kini meramu seri high-end dengan kemampuan tersebut.

Semoga kolaborasi Nokia dengan Pelican Imaging bisa mengembalikan pamor Nokia di pasar smartphone global. (Nis)

29 May 2013 13:00

Sumber : http://www.bgr.in (24/5/2013)