28 April 2014 13:00
Ada saja kesibukan Samsung dalam memoles smartphone flagship saat ini. Nantinya, Galaxy S5 rupanya tak hanya tersedia dalam varian Mini, Active, atau Zoom saja. Namun juga, versi lebih premium. Bagaimana bisa Galaxy S5 yang disebut-sebut sebagai ponsel pintar high-end terbaru, bakal disalip model yang sama tetapi dikatakan “lebih premium?”

Melalui “Project KQ”, prototipe dari versi premium ini akan membawa layar berukuran 5.2 inchi QHD (2560 x 1440 pixels), yang disertai peningkatan prosesor yang lebih baik. Seperti yang sudah kita ketahui proyek semula untuk Galaxy S5 dikenal dengan nama “Project K”. Dan, proyek kali ini sedang memasuki fase pembuatan. Menariknya, Samsung dikatakan sudah bolak-balik revisi 10 kali dalam mengembangkan Galaxy S5 versi premium, sampai diberi lampu hijau untuk masuk produksi.

Mengikuti rekam jejak khas produk Samsung, Project KQ juga bakal meluncurkan beragam versi model yang membawa chipset berbeda satu sama lain. Bagi smartphone Galaxy S5 versi premium yang beredar di Korea Selatan, perusahaan akan mengemasnya dengan prosesor octa-core Exynos 5430. Chipset terbaru itu memuat prosesor quad-core 2.1GHz Cortex-A15 dan quad-core 1.5GHz Cortex-A7. Sebagai pendamping, ada pengolah grafis 600MHz ARM Mali.

Di samping itu, teknologi video decoder HEVC baru bisa memutar video hingga resolusi 8K UHD, sementara audio co-prosesor khusus berjuluk Samsung “Seiren” akan menangani encoding dan decoding suara.

Bila keunggulan di atas masih belum cukup, tunggu sampai mengetahui sisi konektivitasnya. Project KQ berbasis Exynos ini bakal menjadi pertama kali yang menggunakan Intel LTE modem (XMM7620), dengan dukungan kecepatan transfer data downlink 300Mbit/s dan uplink 150Mbit/s. Hanya pasar Eropa yang akan dibekali chip LTE ini, sedangkan pasar Korea bakal membawa modem LTE besutan Samsung sendiri dengan kode nama Shannon 300 (SS300). Lebih lanjut, Samsung disinyalir akan membenamkan prosesor Quad-core dengan chipset Snapdragon 805 untuk pasar AS, setidaknya pada satu versi ponsel yang akan datang (G906S).

Soal penamaan smartphone dari Project KQ ini masih terselubung. Spekulasinya, smartphone bakal masuk dalam lineup Galaxy F. (Choi)

Sumber : http://www.sammobile.com/