Thursday, June 20, 2019
Home News Buntut Perseteruan Dengan Samsung, Apple Ganti Pemasok Baterai iPad

Buntut Perseteruan Dengan Samsung, Apple Ganti Pemasok Baterai iPad

-

30 November 2012 15:00
Media Cina Business News melaporkan bahwa produsen IT Amerika Apple merubah pemasok baterai untuk jajaran iPad dan MacBook-nya ke perusahaan Cina, Amperex Technology Limited dan Tianjin Lishen Battery, setelah Samsung SDI (anak perusahaan Samsung yang memproduksi baterai) berhenti memasok Apple. Jika berita ini benar berarti menyiram minyak tanah dalam kobaran api yang sedang terjadi di antara dua perusahaan itu.

Samsung adalah mitra komponen penting untuk Apple dan akan tetap demikian setidaknya dalam waktu dekat, menurut CEO Tim Cook pada pertemuan konferensi terbaru kuartal Apple. Namun baru-baru ini beredar rumor bahwa hubungan pemasok antara Samsung dan Apple sedang dalam proses erosi. Memang dalam beberapa bulan terakhir, muncul laporan bahwa Samsung telah menaikkan harga prosesor untuk Apple (tapi disangkal) dan juga klaim bahwa Apple segera mengakhiri pasokan layar dengan perusahaan Korea Selatan itu (juga disangkal).

Kedua perusahaan baru saja menyelesaikan pertempuran paten global dan sekarang sedang bersaing sengit untuk jadi pemimpin di industri smartphone dunia. Mengingat hubungan yang tegang itu, orang berpikir akan berdampak juga pada pengaturan rantai pasokan mereka. Salah satu bukti nyatanya adalah Apple telah menghapus desain komponen penting untuk prosesor A-series dari tangan Samsung dan in-house, yang mengurangi peran Samsung menjadi mitra pabrik saja. Apple juga dikabarkan telah melamar TSMC dan lainnya untuk mengambil alih produksi chip mereka di masa depan.

Tetapi untuk laporan keseluruhan, bukti bahwa hubungan mereka akan runtuh hanya tampak sedikit. Samsung percaya bahwa Apple tidak bisa menemukan partner lain yang sepadan, dan Apple memiliki kontrak yang sangat menguntungkan dengan Samsung. Untuk mengubah hubungan mereka yang sudah ada, tidak akan mudah atau sama sekali menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Laporan perubahan haluan pemasok baterai ini hanya sebagai indikator bahwa hubungan antara keduanya bisa mengalami gesekan yang tak terelakkan lambat laun. Tapi untuk sementara ini, Anda tidak akan melihat Apple dan Samsung menjauh satu sama lain sepenuhnya. (Khoirunnisa)

 

Sumber : http://techcrunch.com (23/11/2012)

Latest