23 June 2014 14:30
Teka-teki proyek Apple iWatch mulai terbuka satu demi satu. Diawali dengan mendaftarkan merek dagang iWatch di Jepang, lalu diikuti sudah mengantongi paten pedometer di USPTO, sekarang diketahui Apple kembali mengajukan teknologi baru yang bakal disematkan ke dalam jam tangan pintar tersebut.

Setidaknya ada tiga paten yang terungkap untuk perangkat wearable, khusus iWatch. Tiga paten ditemukan pertama kali oleh Apple Insider. Ketiganya diajukan pada tanggal 14 Desember 2012, dan diterbitkan pada hari Kamis lalu (19/6/2014).

Paten pertama memberikan rincian bagaimana beberapa sensor perangkat bekerja dalam mendeteksi apa yang sedang dilakukan dan posisi keberadaan Anda. Sebagai contoh, iWatch bakal menggunakan sensor denyut nadi dan sensor gerak untuk menentukan Anda sedang berlari, di samping sensor lokasi untuk memastikan apakah pada saat itu Anda berjalan di outdoor atau di atas treadmill.

Sementara, paten kedua menunjukkan bagaimana perangkat wearable dapat digunakan untuk lebih cerdas mengirimkan notifikasi dan menyalakan fitur Do Not Disturb. Misalnya, perangkat bisa mendeteksi kebiasaan jam tidur Anda melalui sensor gerak. Ajaibnya secara otomatis, iWatch bakal mengaktifkan Do Not Disturb demi menghindari hal-hal yang mungkin bisa mengganggu tidur lelap Anda dengan notifikasi, sampai terbangun nantinya.

Masih berhubungan dengan paten kedua, perangkat wearable juga bisa mendeteksi seseorang yang berada dalam satu ruangan dengan Anda, dan kemudian menggunakan informasi ini untuk mengirimkan notifikasi. Sebagai contoh, jika ada dua orang yang mengenakan gelang pintar, dan salah satunya sedang tidur. Maka, perangkat bisa mengingatkan orang yang bangun melalui peringatan getaran, bukan suara.

Paten ketiga masih bersinggungan dengan fitur Do Not Disturb di paten kedua. Saat fitur “Jangan Mengganggu” dalam kondisi aktif, maka paten ini menjelaskan bagaimana hal itu tetap tidak akan mengganggu, bahkan jika orang tersebut hanya sedikit bergerak. Mungkin hanya memeriksa waktu di ponsel mereka dan kemudian melanjutkan tidur kembali. Dalam hal ini, fitur Do Not Disturb bakal tetap menyala sampai Anda benar-benar bangun. (Choi)

14
Sumber : http://appft.uspto.gov/