8 March 2013 09:30
Meski sejak awal tahun 2013 lalu adopsi Ice Cream Sandwich (ICS) dan Jelly Bean mengalami peningkatan, tapi sebagian besar perangkat Android masih berbasis Android 2.3 Gingerbread.

Data terbaru di bulan Februari dari Android Developer (6/3/2013), userbase Gingerbread telah menurun dari 45.6 persen menjadi 44.2 persen. Meski pengguna perangkat Android Gingerbread masih mendominasi, tapi ternyata jumlahnya berkurang sebesar 1 persen dibandingkan bulan lalu, dan masih menjadikannya sebagai versi Android paling populer secara global. Mengingat, sudah hampir tiga tahun (2010) Gingerbread eksis dan banyak vendor yang telah menyempilkan OS terbaru atau updatenya (ICS dan Jelly Bean) pada perangkat besutan mereka yang meluncur beberapa bulan belakangan.

Seirama dengan Gingerbread, Ice Cream Sandwich juga terhitung mengalami penurunan tapi hanya berkurang 0.4 persen saja. ICS masih memegang pangsa pasar hampir dua kali lebih besar dari gabungan dua versi Jelly Bean (v4.1 dan v4.2). Userbase Jelly Bean sendiri naik sekitar 3 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Dari data itu juga diketahui, masih banyak pengguna yang menggunakan versi Android lama seperti Eclair 2.1 dengan 1.9 persen dan Froyo 2.2 menguasai 7.6 persen perangkat Android. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.developer.android.com