Rabu, 6 Agustus 2025
Selular.ID -

Gawat! Data Pengguna Facebook Akan Dijual Bagi Pemasang Iklan

BACA JUGA

30 September 2014 11:05
Invertor dan analis bertahun-tahun menunggu facebook untuk memanfaatkan data jaringan yang dimilikinya untuk para pengiklan, dan tahun ini harapan tersebut akan terwujud. Dan kini Facebook mencoba menjalankannya dengan cara berbeda. Facebook menjelaskan bahwa ini bukanlah seperti Iklan Network (Ad Network) dalam bentuk biasanya. Cara ini memungkinkan para pengiklan bahkan dapat memasang iklan pada situs lain dengan memanfaatkan data jaringan Facebook sebagai target pasar mereka.
Informasi tentang rencana  Ad Network ala Facebook ini sudah sempat santer beredar sejak beberapa bulan lalu ketika Facebook muali memperkenalkan kembali Atlas yang merupakan paltform yang dibeli Facebook dari Microsoft tahun lalu.
Facebook mengungkapkan bahwa Atlas akan membatu para penjual untuk melacak efektifitas dari iklan yang dipasangnya pada website; termasuk memungkinkan mereka untuk memasang iklan pada situs selain Faceook dengan target khusus konsumen menggunakan data jaringan yang dimiliki Facebook.
Facebook menjelaskan bahwa ini bukanlah “Facebook Ads”, namun para pengiklan yang memasang iklan menggunakan Atlas akan merasakan efektifitas dari iklan mereka tersebut lebih daripada layanan Network Ads lain karena menggunakan data jaringan yang dimiliki Facebook. Lebih jauh Facebook mengungkapkan keberhasilannya menjalankan ini dengan beberapa partner seperti diantaranya perusahaan besar pengiklan Omnicom yang juga telah menjalin kerjasama dengan Facebook, Google, twitter dan satu lagi pengiklan besar akan mulai beriklan menggunakan Atlas ini. Instagram milik Facebook juga akan mulai menjalankannya dan yang mengejutkan adalah twitter akan turut serta.
Bagaimana dengan data pribadi kita di Facebook kalo nanti dijual ke orang lain untuk beriklan? Facebook menegaskan bagi para penggunanya untuk tidak khawatir, karena identitas pengguna Facebook akan tetap terjaga kerahasiaannya, para pengiklan nantinya hanya akan memperoleh data standar tentang akun Facebook milik Anda.
Sepertinya langkah Facebook ini ingin menyaingi popularitas bisnis iklan yang berhasil dijalankan Google melalui iklan double klik “Google Ads”. Facebook dan Google memang sedang bersaing di bisnis iklan, tahun ini saja Google berhasil meraup keuntungan hingga $4 milyar dari iklan di Amerika saja bahkan secara keseluruhan mampu iklan Google mampu menghasilkan pendapatan hingga $54 Milyar Dollar. (Deni Sukma)
- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU