Pada acara Social Media Week yang diselenggarakan di London, analisis pengguna platform media sosial Socialbakers mengumumkan layanan baru bernama Smart Storyteller yang mengukur kinerja suatu brand dalam berbagi konten di Facebook.
Smart Storyteller memaparkan dengan jelas merek apa yang tengah booming di masing-masing industri dalam hal berbagi konten dan keterlibatan audiens. Peringkat ini diukur melalui dua perbandingan, yaitu jumlah postingan dan jumlah posting yang tersebar.
Sebagian brand rajin memposting konten, tapi hanya sebagian kecil yang mendapat interaksi intim. Karena tidak banyak fanpage yang punya formula tepat agar kontennya tersebar luas secara konsisten.
Smart Storyteller menyuguhkan grafik pengamatan terhadap konten mana yang efektif dan konten mana yang menghasilkan keterlibatan target pemirsa secara maksimal.
Pada grafik di bawah terlihat sumbu Y yang menunjukkan rata-rata interaksi dan sumbu X menunjukkan jumlah posting yang dikirim dalam suatu periode tertentu.
Pada analisis, bidang E-Commerce menjadi pemenang dalam menghasilkan konten paling banyak, tapi menjerat sedikit interaksi. Kemudian bidang Telekomunikasi berada di tengah-tengah, karena menghasilkan konten lebih sedikit tetapi memiliki keterlibatan pengguna yang lebih baik dibandingkan E-Commerce. Sedangkan industri Automotif merupakan jawara dalam hal interaksi, postingan kontennya paling memikat audiens dibanding industri lain.