Galaxy S4 akan menjadi smartphone dengan pemasaran tercepat di sejarah Samsung. Pejabat resmi Samsung mengatakan perusahaan menaikkan belanja iklan untuk kampanye promosi secara signifikan, karena memang Samsung sengaja menargetkan ke konsumen sebagai rival Apple dengan mengekspos fitur yang didorong dari hardware.
Samsung mulai menjajakan Galaxy S4 di pasar domestik Korea pada 26 April dan kini sudah dipasarkan di 60 negara berbeda, termasuk Amerika Serikat, China, dan India, sejak 27 April.
“Samsung memerlukan waktu 50 hari untuk menorehkan angka penjualan 10 juta pada Galaxy S3. Jika (harapan perusahaan) terjadi, Galaxy S4 akan menjadi perangkat pertama Samsung yang terjual 10 juta unit dalam waktu satu bulan setelah debut resmi,” ujar Shin.
Menggunakan sistem operasi besutan Google Android, Samsung bertanggung jawab atas 95 persen profit Android selama tiga bulan pertama tahun ini, ujar lembaga riset pasar Strategy Analytics (SA).
“Rantai pasokan yang efisien, produk yang apik dan pasar yang renyah, menjadi pendorong utama profitabilitas mengesankan Samsung,” ujar analis SA Woody Oh.
“Kami yakin Samsung menghasilkan lebih banyak pendapatan dan profit dari platform Android melebihi Google sendiri,” tutur Direktur Eksekutif SA Neil Mawston. SA juga menuturkan kalau rival senegararnya, LG Electronics, berkontribusi 2,5 persen dari profit Android selama kuartal pertama. (Nis)