Jakarta, Selular.ID – Indonesia sedang menuju transformasi dalam hal teknologi selular dan ini menjadi peluang bagi setiap pelaku bisnis smartphone. Tak terkecuali bagi Huawei. Raksasa teknologi asal Tiongkok ini sudah menuai sukses di negara asalnya, dengan terbukti menyalip penjualan Samsung dan Apple. Pencapaian ini juga berhembus segar ke negara lainnya termasuk di Indonesia.
Pangsa pasar Huawei di pasar Tanah Air terus mengalami peningkatan. Saat ini market share Huawei memang hanya 3 persen namun di tahun 2017 mendatang diyakini akan menjadi 10-11 persen. Henry Hsu, COO Consumer Business Group Southern Pacific Region mengungkapkan kepercayaan diri Huawei dalam meraih pasar Indonesia.
“Di Indonesia market share kami saat ini masih rendah, tapi kami bisa melihat adanya perubahan perilaku pasar di Indonesia,” ujarnya. “Banyak produk lokal di Indonesia dengan harga murah, tapi orang Indonesia menghargai produk bagus yang berkualitas tinggi, dan kami melihat ini sebagai peluang dimana kita bisa tingkatkan lagi.”
Porfolio smartphone Huawei menyasar beragam segmentasi, mulai dari low-end, mid-to-high, hingga high-end. Vendor yang dikenal melalui seri Honor ini senantiasi menjaga nama besar perusahaan dengan meningkatkan mutu produk dan memberikan harga terbaik.
“Orang Indonesia membeli smartphone bukan hanya karena spesifikasi, tapi karena melihat brand dan price,” kata pria yang tinggal di Singapura tersebut. Agar memuluskan strategi penjualannya, Huawei terus memberikan spesifikasi yang menarik di harga yang cukup kompetitif.
Sementara itu, bicara spesifikasi, Henry melanjutkan, pengguna Indonesia memiliki sejumlah pertimbangan saat memilih sebuah smartphone. Yakni kamera, prosesor, dan baterai.
“Kamera karena mereka suka foto dan share ke Facebook, prosesor karena mereka selalu inginkan kecepatan, dan baterai yang besar khususnya bagi orang yang suka traveling,” jelas Henry.