5 March 2012 13:00
Jakarta – Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi massa terbesar di Indonesia dengan anggota lebih dari 70 juta orang. Tentu basis massa sebesar ini menjadi pangsa pasar yang menarik bagi industri. Adalah Sinar Mas yang merintis kerjasama dengan NU dan mempercayakan anak perusahaannya Smartfren untuk merilis kartu Ummat.
Sukaca Purwokardjono, Div. Head of Core Product Smartfren, mengatakan bahwa yang menginspirasi dihadirkannya kartu Ummat ini adalah konsep silaturahim dan zakat.
“Untuk itulah kartu Ummat ini bisa digunakan untuk bersilaturahim lewat telpon gratis sesama pelanggan dan juga 2,5% nominal pulsa untuk zakat,” ujar pria yang akrab dipanggil Koco ini kepada sejumlah undangan dan media di Gedung PBNU, Jakarta (05/03/2012). Zakat tersebet akan disalurkan melalui PBNU untuk pemberdayaan ummat. “Zakat 2,5% tersebut tidak mengurangi isi pulsa yang dibeli. Jadi kalau pelanggan beli pulsa 100 ribu maka sudah terpotong 2,5%, tetapi nilai pulsa tetap 100 ribu,” ungkapnya.
Selain itu, kartu Ummat juga memiliki nomor prefix terdedikasi yakni 0889xxxxxx agar mudah dikenali oleh komunitas. Smartfren telah mengalokasikan sebanyak 30 juta nomor untuk Kartu Ummat. (Bambang Dwi Atmoko)