Hingga saat ini masih marak beredar SMS yang bertujuan untuk menipu pelanggan XL. SMS tersebut biasanya berisi pesan yang menyatakan bahwa penerima SMS telah memenangkan hadiah undian jutaan rupiah atau barang berharga lainnya, dan kemudian diminta untuk menghubungi seseorang di nomor tertentu yang disebut sebagai pegawai dan/atau perwakilan resmi XL. Demi melindungi pelanggan, XL kembali menyampaikan panduan kepada masyarakat dan pelanggan agar terhindar dari upaya kejahatan penipuan ini.
Sebagai panduan, XL menghimbau pelanggan untuk menempuh beberapa langkah di bawah ini guna memastikan keamanan pelanggan ketika menerima SMS yang mengabarkan soal perolehan hadiah
1. Melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian.
2. Cek kebenaran informasi tersebut secara langsung ke operator terkait melalui jalur resmi. Pelanggan bisa menghubungi 817, atau email customerservice@xl.co.id atau twitter @XLCare.
3. Melaporkan hal tersebut melalui SMS. Pelanggan bisa mengirimkan (forward) SMS penipuan tersebut ke 588, gratis.
4. Bersikap waspada dan hati-hati serta jangan mudah percaya.
5. Jangan tergiur dengan hadiah maupun iming-iming yang dijanjikan, dan jangan melakukan transfer uang.
Selain itu, XL menegaskan bahwa pengumuman pemenang atas program undian berhadiah yang resmi dari XL senantiasa dilakukan dengan tata cara sebagai berikut:
1. Publikasi melalui media massa (koran, majalah, dll)
2. XL akan menghubungi dan/atau menemui langsung pemenang yang bersangkutan untuk memberitahukan secara resmi.
3. Seluruh program undian berhadiah yang digelar oleh maupun yang merupakan kerjasama eksklusif dengan pihak penyedia konten tidak pernah membebankan atau meminta pelanggan untuk membayar pajak undian atau pajak pemenang.
Dalam siaran pers hari ini, Vice President Corporate Communication XL – Turina Farouk mengatakan, “Kenyamanan pelanggan merupakan salah satu prioritas utama XL. Oleh karena itu melalui himbauan ini, XL berharap masyarakat semakin waspada dan tidak mudah terbujuk rayu dengan semakin maraknya modus penipuan via SMS tersebut”.
Selain mengirimkan SMS broadcast kepada pelanggan secara bertahap, XL juga terus berkoordinasi dengan pihak berwajib untuk mengungkap pelaku penipuan dan penggunaan nama dan/atau atribut/logo tanpa izin pada website yang dipakai untuk penipuan, dan bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan blog/hosting untuk memblokir URL website palsu tersebut. Diharapkan melalui upaya sosialisasi ini, modus penipuan via SMS yang semakin marak tersebut dapat lebih diantisipasi, sehingga masyarakat/pelanggan akan merasa lebih nyaman dalam menggunakan layanan XL