Selular.id – XLSMART telah menyelesaikan persiapan menyeluruh jaringan terintegrasi pasca merger untuk menghadapi potensi lonjakan trafik signifikan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2026.
Operator telekomunikasi ini mempersiapkan kapasitas jaringan 2-3 kali lipat lebih besar dari hari normal guna menjamin kenyamanan pelanggan di lebih dari 138 jalur utama di seluruh Indonesia, termasuk dengan memperkuat infrastruktur di sepanjang jalur tol baru Yogyakarta-Solo.
XLSMART memprediksi peningkatan trafik selama periode Nataru 2026 sekitar 20%-30% dibandingkan rata-rata kondisi normal. Lonjakan ini dipicu antusiasme masyarakat untuk berlibur, mudik, serta meningkatnya penggunaan layanan digital berkapasitas besar seperti streaming, gim, dan berbagi momen melalui media sosial serta peta digital.
Persiapan tidak hanya mencakup peningkatan kapasitas dan optimasi jaringan, tetapi juga penempatan tim siaga di lokasi-lokasi strategis yang diprediksi menjadi pusat pergerakan masyarakat.
Direktur & Chief Technology Officer XLSMART, Shurish Subbramaniam, mengatakan pihaknya memastikan jaringan siap sepenuhnya menyambut antusiasme masyarakat.
“Persiapan tidak hanya mencakup layanan pelanggan yang akan tetap beroperasi 24 jam dalam periode liburan, namun XLSMART juga mempersiapkan jaringan dengan kapasitas yang lebih besar dari hari biasa, guna memastikan kenyamanan bagi pelanggan meskipun terjadi lonjakan trafik yang signifikan,” ujar Shurish dalam keterangan resmi, Minggu (8/12/2025).
Shurish menambahkan, kenaikan trafik diprediksi tidak hanya terjadi pada layanan seluler, tetapi juga pada layanan internet rumah, XL SATU. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang akan mengakses layanan tersebut saat menghabiskan liburan di rumah, seperti mengirim konten video atau foto untuk membagikan momen Nataru.
Fokus pada Jalur Mudik dan Destinasi Wisata
Untuk penyiapan jaringan, XLSMART melakukan fokus utama pada area-area yang menjadi pusat pergerakan masyarakat, di mana lonjakan trafik diperkirakan terkonsentrasi di jalur mudik di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.
Pada jalur transportasi darat dan laut, peningkatan kualitas jaringan mencakup 138 rute utama perjalanan Nataru, terdiri dari 71 ruas jalan tol, 49 jalan utama, 16 jalur kereta api, dan 2 pelabuhan penyeberangan.
Peningkatan kapasitas dan optimasi jaringan dilakukan setidaknya di 515 area, yang mencakup 212 destinasi wisata, 102 ruang publik, 105 gerbang tol dan rest area, serta 96 lokasi transportasi publik.
Secara total, sepanjang lebih dari 13.000 km rute perjalanan utama yang diprediksi akan dilalui masyarakat selama Nataru dipastikan berada dalam cakupan jaringan XLSMART yang prima.
Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan dalam memperkuat infrastruktur, XLSMART juga terus mengoptimalkan jaringan di berbagai wilayah strategis. Sebelumnya, operator ini juga memperkuat jaringan di Riau untuk menyambut event budaya besar, menunjukkan pendekatan proaktifnya dalam menghadapi lonjakan pengguna.
Baca Juga:
Pengerahan 101 Mobile BTS dan Penguatan Tol Baru
Untuk mengantisipasi kepadatan trafik di lokasi-lokasi padat aktivitas, XLSMART telah menyiapkan rencana rekayasa jaringan, termasuk mengerahkan sekitar 101 unit Mobile BTS (MBTS). Unit-unit ini ditempatkan di sepanjang jalan tol, pusat keramaian pergantian tahun, tempat wisata, dan ruang publik lainnya.
“Pengerahan Mobile BTS atau MBTS merupakan upaya keseriusan XLSMART dalam mempersiapkan kenyamanan pelanggan pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2026. Hal ini untuk memastikan kualitas layanan tetap terjaga di titik-titik dengan lonjakan trafik mendadak,” tambah Shurish.
Penempatan 101 MBTS tersebut meliputi Sumatera bagian utara (6 unit), Sumatera bagian selatan (18 unit), Jabodetabek dan Sukabumi (14 unit), Jawa Barat (16 unit), Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (12 unit), Jawa Timur (23 unit), Bali dan Nusa Tenggara (5 unit), serta Kalimantan dan Sulawesi (7 unit).
Lonjakan trafik diprediksi terjadi di kota tujuan berlibur seperti Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok, serta area dengan komunitas Nasrani yang merayakan Natal seperti Sulawesi Utara, Sumatera Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
XLSMART juga terus memperkuat infrastruktur jaringan telekomunikasi di sepanjang jalur tol baru, bagian dari jaringan tol Trans Jawa. Salah satunya adalah jalur yang menghubungkan Yogyakarta dengan sejumlah kota di Jawa Tengah, termasuk Klaten, Boyolali, Sukoharjo, hingga Solo Raya. Jalur ini akan didukung lebih dari 100 BTS 4G yang dipastikan memiliki kualitas jaringan sangat baik.
Group Head Central Region XLSMART, Arif Farhan Budiyanto, mengatakan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur tol Yogyakarta-Solo merupakan komitmen XLSMART untuk mendukung kenyamanan komunikasi dan menghadirkan pengalaman digital terbaik. “XLSMART akan terus melakukan optimasi jaringan, menambah site coverage khusus tol, serta memperkuat kapasitas di area padat pengguna, termasuk destinasi wisata dan pusat kota,” ujarnya.
Di sepanjang area yang dilintasi jalur tol ini, XLSMART telah mengoperasikan lebih dari 2.000 BTS, mencakup lebih dari 250 BTS di Kota Yogyakarta, lebih dari 770 BTS di Sleman, lebih dari 390 BTS di Klaten, lebih dari 190 BTS di Solo, serta 400 BTS di Boyolali. Dari jumlah tersebut, setidaknya lebih dari 200 BTS berdiri di sepanjang jalur tol utama.
Selain jalur tol, XLSMART juga memprioritaskan penguatan jaringan di sejumlah destinasi wisata populer dan pusat keramaian, seperti kawasan Malioboro, Wisata Candi Prambanan, Tebing Breksi, Keraton Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran, hingga Kampung Batik Laweyan. Kehadiran jaringan andal di jalur tol dan kawasan sekitarnya juga menjadi bagian dari kontribusi XLSMART dalam pemerataan akses digital.
Penguatan jaringan di berbagai lokasi strategis ini sejalan dengan upaya operator lain dalam memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat, terutama di saat-saat penting. Masyarakat juga dapat memanfaatkan berbagai platform digital untuk keperluan lain, seperti memantau kondisi terkini melalui situs dan aplikasi khusus ketika diperlukan.
Layanan Pelanggan 24 Jam dan Penawaran Spesial Nataru
XLSMART telah menyiapkan tim layanan pelanggan untuk mendukung kenyamanan pelanggan selama menikmati masa libur. Tim Teknis XLSMART akan bersiaga 24 jam di lapangan, memastikan back-up genset dan pasokan listrik cadangan, link redundansi dan jalur alternatif, serta melakukan pemantauan terus menerus melalui Customer Experience & Service Operation Center (CE&SOC) di Kantor XLSMART BSD, Tangerang.
Untuk memastikan pelayanan maksimal, XLSMART menyiagakan sekitar 500 petugas layanan pelanggan baik melalui call center maupun digital care, yang beroperasi 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.
Akses layanan yang dipersiapkan antara lain XL Center Online, layanan Call Center, Layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet, serta Layanan Virtual Assistant Sarah melalui aplikasi mySmartfren dan web Smartfren. Pelanggan juga dapat mengakses kanal digital lain seperti e-mail, Facebook, dan Instagram melalui fitur Live Chat.
Tidak hanya melalui kanal digital seperti akses https://xlcenter.xl.co.id/ yang dapat melayani penggantian kartu rusak/hilang serta reaktivasi kartu, pelanggan juga mendapatkan pelayanan di 94 XL Center dan 51 Galeri Smartfren yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia.
Secara nasional, XLSMART didukung lebih dari 209 ribu BTS dengan mayoritas jaringan 4G, serta jaringan fiber optic yang membentang di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan adanya penambahan dan distribusi yang merata ini, XLSMART memastikan konektivitas digital tetap stabil dan andal bagi masyarakat, baik pengguna yang tengah melakukan perjalanan mudik, wisatawan, serta pelaku bisnis.
Untuk melengkapi penguatan jaringan, XLSMART menawarkan penawaran spesial dari brand SMARTFREN dan AXIS, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan data tinggi selama periode liburan.
SMARTFREN memberikan peningkatan manfaat bagi pelanggan paket Unlimited Nonstop dan meluncurkan Kuota Besar Anti Hangus 150GB. SMARTFREN juga menghadirkan program penukaran SmartPoin dan promo akhir tahun berupa penawaran khusus Router Sahabat (RoSa) dengan bonus kuota 100GB.
Sementara itu, AXIS hadir dengan penawaran yang dirancang khusus untuk gaya hidup digital kaum muda, termasuk A Lifetime Loyalty Program, Promo E-Wallet berupa cashback dari mitra e-wallet, serta Bundled OTT Streaming dengan skema Buy 1 Get More. XL Prepaid menawarkan Paket Data Kuota Nataru 11GB dengan harga terjangkau, Paket Roaming dengan kuota besar 40GB untuk destinasi Malaysia dan Singapura, serta Paket Hiburan untuk akses konten premium.
XL PRIORITAS menghadirkan penawaran spesial dengan kuota lebih besar, layanan roaming fleksibel melalui PRIO Pass, serta Paket Umroh Plus yang terjangkau. Penguatan layanan dan penawaran paket data ini menjadi semakin relevan seiring dengan perkembangan industri telekomunikasi, termasuk persiapan operator-operator dalam mengikuti lelang frekuensi baru untuk meningkatkan kapasitas jaringan di masa depan.
Dengan persiapan infrastruktur yang masif, dukungan tim teknis dan layanan pelanggan 24 jam, serta ragam penawaran paket data yang disesuaikan, XLSMART berupaya memastikan pengalaman komunikasi dan digital masyarakat Indonesia tetap lancar selama momen pergantian tahun 2026. Langkah-langkah antisipatif ini menunjukkan transformasi operator pasca merger dalam menghadapi pola konsumsi data yang terus berkembang, khususnya di momen-momen spesial yang membutuhkan konektivitas ekstra.



