Rabu, 17 Desember 2025
Selular.ID -

TelkomGroup Kerahkan 13.700 Personel Siaga 24/7 Jaga Layanan NATARU 2025/2026

BACA JUGA

Selular.id – Menyambut lonjakan trafik digital selama periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (NATARU), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bersama seluruh anak perusahaannya (TelkomGroup) mengerahkan 13.700 personel yang siaga 24/7. Kesiapan ini ditegaskan melalui peninjauan langsung jajaran direksi dan komisaris di Posko Siaga NATARU 2025/2026 wilayah Malang, Senin (15/12).

Direktur Utama Telkom Indonesia, Dian Siswarini, menyatakan momen NATARU merupakan periode krusial dengan kebutuhan konektivitas yang meningkat tajam. “Fokus kami adalah memastikan seluruh kebutuhan konektivitas masyarakat dapat terpenuhi secara optimal, sehingga TelkomGroup dapat menghadirkan layanan prima dan mendukung setiap momen kebersamaan tanpa kendala yang signifikan,” ujar Dian dalam pemantauan hybrid yang terhubung ke Command Center Telkom Integrated Operation Center (TIOC) dan seluruh posko nasional.

Komitmen ini merupakan bagian dari implementasi pilar strategi transformasi TLKM 30, khususnya dalam penguatan keunggulan operasional dan layanan. TelkomGroup melakukan penyiapan terintegrasi mencakup aspek teknis jaringan dan kesiapan personel untuk menjaga stabilitas serta kualitas layanan digital yang aman, nyaman, dan andal selama puncak aktivitas masyarakat.

Infrastruktur Diperkuat, Jaringan 5G Dioptimalkan

Untuk memastikan kelancaran layanan, TelkomGroup menyiapkan infrastruktur dan IT Tools yang beroperasi secara redundant. Keandalan jaringan dijaga oleh 14 infrastruktur kabel laut domestik serta jalur trafik internasional melalui dua gateway di Batam dan Manado. Total kapasitas yang disiapkan mencapai 23,2 Tbps, atau mengalami peningkatan sebesar 12% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada sisi jaringan akses, TelkomGroup melakukan optimalisasi lebih dari 4.000 BTS 5G Telkomsel yang tersebar di 56 kota di Indonesia. Penguatan ini sejalan dengan persiapan yang telah diumumkan sebelumnya untuk menghadapi masa liburan. Upaya serupa juga pernah dilakukan TelkomGroup dalam menjaga konektivitas selama momen penting lain, seperti yang terlihat pada Safari Ramadan 1446H, Telkom Jamin Infrastruktur Digital selama Libur Idulfitri.

Pengawasan Ketat di 437 Titik Rawan dan Dukungan untuk Segmen Enterprise

Guna menjaga kualitas layanan di kawasan dengan mobilitas tinggi, TelkomGroup memperkuat pengamanan infrastruktur di 437 Point of Interest (POI) Mobile. Titik-titik ini mencakup tempat wisata, pusat perbelanjaan, jalur mudik, transportasi publik seperti rest area, bandara, pelabuhan, stasiun, kawasan permukiman, serta fasilitas rumah ibadah.

Sementara bagi segmen enterprise, korporasi, dan UMKM, konektivitas digital dipastikan tetap stabil di tengah arus mudik NATARU. Penguatan dilakukan pada 1.665 POI khusus untuk mendukung kelancaran layanan publik dan aktivitas bisnis selama libur panjang.

Seluruh aktivitas pengawalan ini dimonitor secara terpusat melalui 22 Posko Siaga NATARU 2025/2026, yang terdiri dari 9 posko utama dan 13 posko anak perusahaan. Posko-posko ini akan beroperasi penuh hingga 6 Januari 2026, didukung sistem smart command center untuk pemantauan layanan dan infrastruktur secara rutin.

Apresiasi untuk Personel dan Komitmen Layanan Terbaik

Pada kesempatan peninjauan, Komisaris Independen Telkom, Ira Noviarti, menyampaikan apresiasi atas dedikasi seluruh pegawai TelkomGroup. Ia menekankan pentingnya memberikan pelayanan terbaik untuk memperkuat posisi perusahaan di pasar. “Terima kasih untuk seluruh pegawai TelkomGroup yang telah berkontribusi. Saya mengimbau semua pihak di TelkomGroup untuk bisa memberikan service yang terbaik bagi seluruh pelanggan dan masyarakat di Indonesia,” ujar Ira.

Content image for article: TelkomGroup Kerahkan 13.700 Personel Siaga 24/7 Jaga Layanan NATARU 2025/2026

Komitmen layanan ini juga tercermin dari berbagai program dan penawaran khusus yang dihadirkan TelkomGroup bagi pelanggan retail Telkomsel, serta pelanggan Telkom Solution dan Indibiz di segmen korporasi, enterprise, dan UMKM. Beragam promo, kemudahan berlangganan, dan dukungan ekosistem aplikasi digital disiapkan untuk menunjang kebutuhan komunikasi, hiburan, dan produktivitas masyarakat.

Usai meninjau posko siaga dan apel kesiapan nasional, jajaran Dewan Komisaris dan Direksi TelkomGroup juga mengunjungi GraPARI TelkomGroup Kayutangan, Malang. Di sana, mereka berinteraksi langsung dengan pelanggan dan menyerahkan cinderamata sebagai bentuk apresiasi. Kunjungan ini menjadi bagian dari upaya meningkatkan pengalaman pelanggan secara berkelanjutan.

Tidak Hanya Operasional, TelkomGroup Juga Jalankan Inisiatif Sosial

Selain fokus pada kesiapan operasional dan bisnis, TelkomGroup memaknai momentum NATARU dengan menjalankan kegiatan sosial. Inisiatif tersebut meliputi penyaluran bantuan bagi korban bencana alam banjir dan bantuan alat produksi bagi UMKM MakRum, binaan Rumah BUMN Telkom di Malang. Bantuan serupa juga disalurkan dalam skala nasional, mencerminkan kepedulian perusahaan dalam situasi darurat, sebagaimana pernah dilakukan melalui Paket Siaga Peduli Telkomsel untuk korban bencana.

Menutup pernyataannya, Dian Siswarini mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat. “Selamat menikmati momen libur bersama keluarga. Semoga di tahun 2026 mendatang kita dapat terus bersama-sama melangkah maju dan bertransformasi menuju masa depan digital yang inklusif dan berkelanjutan,” tutupnya. Dengan persiapan matang ribuan personel dan penguatan infrastruktur strategis, TelkomGroup berupaya memastikan konektivitas digital Indonesia tetap terjaga selama puncak perayaan akhir tahun.

Kesiapan menghadapi tantangan operasional selama masa libur dan bencana menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan TelkomGroup, seperti yang juga tercermin dalam upaya pemulihan pascabencana seperti yang dijelaskan dalam laporan Telkomsel Pulihkan 79,7% Layanan Pascabencana Sumatera.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU