Selular.id – Huawei memperkenalkan dua varian baru untuk lini smartwatch-nya di China, menyusul peluncuran seri Nova 15. Perusahaan asal Tiongkok itu meluncurkan Huawei Watch 5 10th Anniversary edition dan varian warna baru “Ice Blue” untuk model Watch GT 6 41mm.
Peluncuran ini menandai perayaan satu dekade kehadiran Huawei di pasar wearable sekaligus memperluas pilihan bagi konsumen.
Edisi spesial Huawei Watch 5 ini hadir sebagai peringatan 10 tahun Huawei dalam industri wearable. Smartwatch ini dibekali strap komposit anyaman nilon khusus yang menampilkan logo ’10 Years’.
Logo peringatan yang sama juga ditempatkan pada crown atau mahkota jam. Huawei mempertahankan semua spesifikasi inti dari varian standar Watch 5 untuk edisi khusus ini.
Smartwatch edisi peringatan tersedia dalam dua ukuran case, 46mm dan 42mm. Layarnya menggunakan panel LTPO AMOLED yang dilindungi kaca Sapphire. Fitur kesehatan andalannya adalah sensor X-Tap yang mampu memberikan berbagai pembacaan kesehatan, termasuk Elektrokardiogram (ECG), Fotopletismografi (PPG) untuk deteksi denyut jantung, dan Heart Rate Variability (HRV).
Dukungan eSIM turut disematkan, memungkinkan pengguna terhubung secara independen dari smartphone.

Untuk pengguna aktif, Huawei Watch 5 10th Anniversary edition menawarkan lebih dari 100 mode olahraga. Dari sisi ketahanan baterai, Huawei mengklaim smartwatch ini dapat bertahan hingga 5 hari dengan fitur always-on display aktif, dan hingga 11 hari dalam mode penghemat daya.
Kehadiran smartwatch tangguh dengan navigasi satelit ganda seperti yang ditawarkan Rollme G6 menunjukkan semakin ketatnya persaingan di segmen wearable untuk aktivitas outdoor.
Sementara itu, untuk lini Watch GT 6 yang lebih terjangkau, Huawei menambah daya tarik dengan varian warna baru bernama “Ice Blue”. Varian ini khusus untuk model berukuran 41mm dan dilengkapi strap fluororubber. Warna baru ini melengkapi pilihan warna existing seperti Floating White, Flowing Purple, Phantom Black, dan Saddle Palm.
Sama seperti edisi spesial Watch 5, tidak ada perubahan hardware pada varian Ice Blue ini.
Smartwatch Huawei Watch GT 6 41mm ini mengusung layar AMOLED 1,32 inci dan dilengkapi sistem kesehatan TrueSense. Huawei menyatakan baterainya mampu bertahan hingga 7 hari pemakaian normal. Ketahanan baterai yang solid menjadi fitur yang banyak dicari, seperti juga yang diusung oleh iQOO Watch GT 2 dengan klaim 33 hari.

Baca Juga:
Harga dan Ketersediaan
Huawei Watch 5 10th Anniversary edition dipasarkan dengan harga CNY 2,799 (sekitar $399 atau setara Rp 6,3 juta) untuk opsi 42mm. Sementara varian 42mm dibanderol CNY 2,899 (sekitar $410 atau setara Rp 6,5 juta). Edisi spesial ini sudah tersedia untuk dibeli di China sejak pengumuman.
Adapun Huawei Watch GT 6 41mm dalam warna Ice Blue dihargai CNY 1,488 (sekitar $210 atau setara Rp 3,3 juta). Varian warna baru ini rencananya akan mulai dijual di China mulai 1 Januari mendatang. Peluncuran varian baru ini menunjukkan strategi Huawei untuk terus menjaga relevansi produknya di pasar yang kompetitif, mirip dengan dinamika inovasi di sektor teknologi telekomunikasi tanah air yang pernah menyita perhatian.
Dengan penambahan dua varian baru ini, Huawei memperkuat portofolio wearable-nya yang berfokus pada kesehatan, kebugaran, dan konektivitas. Inovasi pada aspek sensor kesehatan dan desain menjadi nilai jual utama, melengkapi smartwatch yang dirancang khusus untuk petualangan ekstrem dan trail running.
Keberagaman pilihan, dari edisi spesial hingga warna baru, ditujukan untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas, dari kolektor hingga pengguna sehari-hari yang mengutamakan gaya.

Peluncuran ini terjadi dalam landscape industri teknologi yang terus bergerak cepat, di mana setiap pelaku pasar dituntut untuk terus berinovasi. Komitmen Huawei dalam merayakan pencapaian satu dekade dengan produk spesial sekaligus memperbarui lini produk yang lebih massal menunjukkan pendekatan bisnis yang berlapis.
Kedua smartwatch baru ini diharapkan dapat memperkuat posisi Huawei di pasar wearable global, yang semakin dipenuhi oleh pilihan dari berbagai merek, termasuk dari vendor gaming seperti iQOO dengan iQOO Watch GT 2.
Ke depan, pasar akan melihat apakah strategi peluncuran varian spesial dan warna baru ini akan diikuti dengan ekspansi ke wilayah pasar di luar China. Minat konsumen terhadap wearable dengan fitur kesehatan komprehensif dan desain yang personal terus meningkat, menandakan ruang pertumbuhan yang masih terbuka lebar bagi para pemain seperti Huawei.




