Minggu, 23 November 2025
Selular.ID -

FORWAT Fun Run 2025: Aksi Nyata Kelola Sampah Elektronik

BACA JUGA

Selular.id – Forum Wartawan Teknologi Indonesia (FORWAT) menggelar Fun Run 2025 pada 16 November 2025 di Parle Senayan, Jakarta, dengan tema “Run Together for Connectivity and Sustainability”. Acara lari yang diikuti ratusan peserta dari kalangan jurnalis teknologi, pelaku industri, dan regulator ini tidak hanya mengajak hidup sehat, tetapi juga menjadi wadah aksi nyata pengumpulan dan pengelolaan sampah elektronik (e-waste).

Danang Arradian, Ketua Umum FORWAT, menjelaskan bahwa isu e-waste sangat relevan dengan aktivitas forum wartawan teknologi namun belum banyak dibahas. “Event ini tidak hanya ingin mengajak untuk hidup sehat dengan cara berlari tetapi kami juga ingin membuat event yang relate aktivitas kami sebagai forum wartawan teknologi. Nah, isu e-waste ini ternyata sangat relevan, tapi belum banyak dibahas,” ungkap Danang.

Fokus utama acara ini adalah penanganan sampah elektronik seperti ponsel lama, baterai, charger rusak, dan keyboard mini yang sering berakhir di tempat sampah biasa dan mencemari lingkungan. Setiap peserta yang menyerahkan e-waste mendapatkan voucher belanja sebagai bentuk apresiasi partisipasi aktif. FORWAT bekerja sama dengan e-WasteRJ, lembaga nirlaba daur ulang limbah B3, untuk memastikan limbah diproses secara bertanggung jawab sesuai standar.

Peningkatan penggunaan perangkat elektronik secara masif menyebabkan lonjakan volume sampah elektronik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, timbal, dan kadmium. Sampah ini tidak hanya mengancam lingkungan dan kesehatan, tetapi juga mengandung material berharga seperti emas dan tembaga yang dapat didaur ulang. Di Indonesia, penanganan e-waste masih menjadi tantangan serius akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk memilah dan minimnya fasilitas daur ulang terstandardisasi.

Danang mengungkapkan data mengejutkan tentang sampah elektronik pada tahun 2021 yang jumlahnya mencapai 2 juta ton, namun yang baru bisa diolah masih di bawah 20%. “Oleh karena itu kami ingin membuat kampanye untuk membangun kesadaran tentang sampah elektronik. Tidak Cuma membangun kesadaran, melalui event ini kami ingin melakukan aksi nyata yang bisa dilakukan di sini dengan mengumpulkan sampah elektronik,” imbuhnya.

Dukungan Industri untuk Keberlanjutan Digital

Inisiatif FORWAT Fun Run 2025 mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai pelaku industri. R Anugrah, GM Marketing MyRepublic Indonesia, mengapresiasi inisiatif yang tidak hanya merangkul komunitas jurnalis teknologi, tetapi juga mendorong kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dalam perkembangan digital. “MyRepublic Indonesia bangga menjadi bagian dari gerakan positif ini dan mendukung penuh upaya bersama untuk menghadirkan ekosistem digital yang lebih bertanggung jawab dan ramah lingkungan,” ucap R Anugrah.

Hasan Aula, Deputy CEO Erajaya, menyatakan apresiasi terhadap inisiatif yang tidak hanya mengajak masyarakat hidup lebih aktif, tetapi juga meningkatkan kepedulian terhadap isu keberlanjutan, khususnya pengelolaan sampah elektronik. “Melalui kolaborasi seperti ini, kami berharap semakin banyak pihak yang tersadarkan akan pentingnya penanganan e-waste yang tepat, sehingga konektivitas dan inovasi dapat terus berjalan seiring dengan pelestarian lingkungan,” ungkap Hasan Aula.

PT Jala Lintas Media (JLM) sebagai perusahaan penyedia layanan ICT juga mendukung kegiatan FORWAT. Victor Irianto, Pendiri dan CEO JLM Group, mengatakan, “Kami terus menjalin berbagai kolaborasi strategis, termasuk dengan FORWAT, yang menjadi salah satu mitra penting dalam ekosistem kami. Ini adalah bagian dari komitmen JLM untuk membangun kemitraan yang sehat, transparan, dan berkelanjutan di setiap lini operasional.”

Dukungan juga datang dari LocknLock Indonesia melalui Artini Asputri, PR & Marketing Manager, yang menyampaikan kesenangan bisa menjadi bagian event ini karena LocknLock juga merupakan perusahaan yang peduli dengan lingkungan dan berkomitmen untuk mengajak gaya hidup berkelanjutan seperti campaign #BawaTumblerSendiri.

PT Chery Sales Indonesia melalui Rifkie Setiawan, Head of Brand Department, menegaskan bahwa upaya pelestarian lingkungan harus dilakukan secara sinergis dari berbagai lini. “PT Chery Sales Indonesia sangat mengapresiasi langkah konkret FORWAT yang mengangkat isu e-waste. Hal ini sejalan dengan DNA kami yang berfokus pada sustainability dan future mobility. Chery Group berkomitmen penuh pada prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) yang diwujudkan melalui berbagai lini kendaraan kami, termasuk kendaraan berteknologi CSH (Chery Super Hybrid) dan EV yang semakin ramah lingkungan dan berkelanjutan,” ujar Rifkie.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung mobilitas bersih sebagai bagian dari gaya hidup berkelanjutan. “Hyundai Motors Indonesia mengapresiasi inisiatif FORWAT yang menggelar kegiatan lari bertema sustainability. Hal ini sejalan dengan komitmen kami dalam menghadirkan mobilitas bersih dan berkelanjutan. Melalui kendaraan listrik dan hibrida, Hyundai terus mendorong gaya hidup hijau yang sehat bagi masyarakat,” jelasnya.

Rute dan Dukungan Luas untuk Aksi Lingkungan

FORWAT FUN RUN 2025 menempuh jarak 6,5 KM dengan rute dimulai dari Parle Senayan menuju Jl Gerbang Pemuda – Jl Asia Afrika – Jl Jend Sudirman – Jl Jend Gatot Subroto dan finish kembali di Parle Senayan Park, Jakarta. Acara ini menunjukkan bahwa semangat berolahraga dan menjaga bumi dapat berjalan beriringan.

Program penukaran sampah elektronik dalam event ini sejalan dengan berbagai inisiatif serupa yang telah dilakukan sebelumnya, seperti kampanye daur ulang sampah elektronik LG di Indonesia yang juga fokus pada pengelolaan e-waste yang bertanggung jawab. Begitu pula dengan program penukaran sampah botol plastik menjadi uang elektronik di BSD City yang menunjukkan tren positif dalam pengelolaan sampah bernilai ekonomis.

Acara ini mendapat dukungan luas dari berbagai pihak termasuk Kementerian Lingkungan Hidup, Mastel, Indosat Ooredoo Hutchison, Asuransi Astra, Shopee, Amazfit, Biznet, Indofood, Halodoc, serta beberapa PR Agency seperti Kandi Imaji, Hoffman, Image Dynamic, SWN dan Talk Link. Dukungan ini mencerminkan komitmen kolektif dalam menangani isu lingkungan, sebagaimana juga terlihat dalam inisiatif Telkom mendukung pengelolaan sampah di Desa Cijaura Bandung.

Danang menutup dengan pesan kuat, “Kami percaya bahwa semangat berolahraga dan semangat menjaga bumi harus berjalan beriringan. E-waste adalah isu besar yang sering terabaikan. Melalui event lari ini, kami ingin menciptakan platform yang sederhana namun berdampak, mengubah kebiasaan membuang menjadi kebiasaan mendaur ulang, satu langkah lari pada satu waktu.”

FORWAT Fun Run 2025 tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga bukti nyata bahwa kolaborasi antara komunitas jurnalis teknologi dan industri dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan. Inisiatif ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk terlibat aktif dalam pengelolaan sampah elektronik yang berkelanjutan.

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU