Selular.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya, PT Metra Digital Media (MDMedia), menggelar acara AdXelerate Executive Connect sebagai bentuk komitmen meningkatkan nilai tambah ekosistem digital advertising Indonesia. Kolaborasi strategis ini secara signifikan melibatkan WPP Media Indonesia, agensi media terdepan dengan jaringan terbesar di negeri ini.
Mengusung tema “Data Driven Excellence, Unlocking Indonesia’s Digital Advertising Potential to Enable Sovereignty”, acara yang berlangsung di Jakarta pada Kamis (9/10) ini mempertemukan pelaku industri periklanan dan para pelaku usaha di berbagai sektor industri. Tujuannya mengulas lebih lanjut tantangan dan peluang industri periklanan digital berbasis data di Indonesia, sekaligus memperkuat peran AdXelerate sebagai salah satu solusi digital unggulan TelkomGroup.
Dalam sambutannya, Direktur Utama Telkom Indonesia Dian Siswarini menegaskan bahwa inovasi tidak mungkin tumbuh tanpa infrastruktur yang kokoh. “Di balik setiap lompatan transformasi, selalu terdapat pondasi jaringan yang andal dan siap untuk masa depan. Selain infrastruktur yang memadai, saat ini kami tengah membangun sistem digital yang menjadi gelombang penggerak inovasi berikutnya di Indonesia,” ujar Dian.
Dian menambahkan, sebagai perusahaan yang memiliki visi mengorkestrasi ekosistem digital dan menghadirkan pengalaman digital terbaik, Telkom berkomitmen memastikan transformasi digital berjalan lancar, aman, merata, serta bermanfaat nyata bagi seluruh lapisan masyarakat. Telkom telah mengembangkan layanan solusi digital yang relevan bagi kebutuhan industri saat ini, termasuk di bidang Advertising.
“Khusus di sektor Advertising, kami percaya bahwa pemenang bukan sekadar yang memasang iklan paling banyak, melainkan yang paling memahami konsumen dan paling presisi dalam menjangkau mereka. Dengan memanfaatkan Data Analytics berbasis AI yang aman, comply, dan berorientasi hasil, kita tidak hanya menyediakan jaringan, tetapi juga kesempatan,” pungkas Dian.
AdXelerate: Platform Programmatic Pertama di Indonesia
Kehadiran AdXelerate, platform programmatic advertising pertama di Indonesia, merupakan jawaban TelkomGroup atas tantangan pelaku industri untuk menjangkau sasaran pasar yang tepat dan dengan efisien. Platform ini memanfaatkan kekuatan big data analytics sehingga memungkinkan para pengiklan untuk menampilkan produk atau layanan secara targeted dan relevan di berbagai situs berita nasional dan laman publisher lokal.
Sebagai bagian dari Telkom Solution, AdXelerate hadir untuk mengakselerasi pertumbuhan industri periklanan digital Indonesia yang terus menunjukkan perkembangan signifikan. Platform ini dirancang untuk memberikan solusi terintegrasi bagi para pelaku usaha, mulai dari korporasi hingga UMKM.
Chief Marketing Officer Danantara Asset Management Dendi Danianto mengungkapkan, “AdXelerate yang merupakan platform digital advertising adalah salah satu bagian dari ekosistem industri yang akan kami highlight. Sebagai orchestrator, saat ini CMO Office Danantara masih berperan secara parsial. Ke depannya, dengan AdXelerate, kami ingin dapat berperan secara maksimal dan menjadikan AdXelerate sebagai enabler.”
Dendi berharap AdXelerate dapat menjadi platform yang menyediakan solusi satu pintu terintegrasi bagi advertising, mendukung pertumbuhan dan kebutuhan UMKM, menjadi katalis terbentuknya ekosistem kolaboratif yang memperkuat sinergi antar pelaku industri, serta mendukung ekspansi bagi ketersediaan produk dan layanan bagi bisnis.
Baca Juga:
Kolaborasi Strategis dengan WPP Media Indonesia
Sebagai agensi media terdepan di Indonesia, WPP Media Indonesia memiliki keahlian mendalam dalam pemahaman konsumen, data, perencanaan, pembelian media, dan solusi teknologi media. WPP Media Indonesia memegang kepercayaan besar dari berbagai bisnis global dan lokal di berbagai vertikal, mulai dari FMCG, Teknologi, hingga E-commerce.
WPP Media Indonesia memandang kemitraan dengan ekosistem dan platform lokal sebagai kunci untuk bersama-sama mengembangkan visi dan peran media di Indonesia yang selaras dengan kebutuhan para pelaku bisnis. Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang memperkuat posisi Indonesia dalam menghadapi tantangan ekosistem digital yang semakin kompetitif.
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia Veranita Yosephine menekankan, “Setiap bisnis perlu membangun interaksi yang bermakna dengan setiap pelanggannya. Sebagai salah satu solusi digital dari TelkomGroup, AdXelerate diharapkan dapat mengakselerasi bisnis melalui personalisasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen.”
Veranita menambahkan, melalui AdXelerate yang merupakan bagian dari Telkom Solution, pihaknya menghadirkan solusi digital yang bisa dimanfaatkan industri di seluruh daerah di Indonesia agar persepsi dan reputasi yang dibangun melalui digital advertising tetap relevan dan akurat.
Diskusi Panel Mengungkap Insight Industri
Sebagai bagian dari rangkaian acara, turut digelar sesi diskusi panel yang menghadirkan berbagai narasumber dan pemangku kepentingan industri periklanan digital. Diskusi panel pertama mengangkat topik “Digital Advertising Behavior Insight” dengan menghadirkan Agency & Client Lead Indonesia Nielsen Tajendar Singh, CEO Tribun Network Dahlan Dahi, dan Country Managing Director Accenture Jayant Bhargava sebagai panelis.
Dalam sesi ini, para narasumber mengulas dari berbagai sudut pandang mengenai evolusi perilaku konsumen Indonesia di era digital, termasuk pergeseran pola konsumsi media dari TV ke perangkat mobile dan layanan on-demand. Pembahasan juga menyoroti bagaimana pemanfaatan data dan insight dapat mendorong efektivitas programmatic advertising.
Diskusi panel kedua berfokus pada topik “Data Driven Decision: Leveraging First Party Data for Strategic Decision”, dengan menghadirkan CEO WPP Media Indonesia Sri Widowati, GM Digital Advertising Business Development & Partnership Telkomsel Vicky Fathurrahman, dan CEO MDMedia Arif Prabowo sebagai panelis.
Para narasumber membahas pentingnya kekuatan data untuk meningkatkan kualitas kampanye atau promosi dan mengkonversinya menjadi penjualan. Pembahasan juga menyoroti perihal compliance pemanfaatan keunggulan data dalam mendukung strategi pemasaran berbasis data, terutama dalam menghadapi tantangan keamanan data digital yang semakin kompleks.
Direktur Strategic Business Development and Portfolio Telkom Indonesia Seno Soemadji menambahkan bahwa sebagai BUMN yang berperan sebagai digital enabler, Telkom memiliki tanggung jawab untuk menghadirkan solusi digital bagi industri di Indonesia. Seno menjelaskan bahwa dalam pengembangan AdXelerate, Telkom menjunjung tinggi seluruh peraturan dan ketentuan yang berlaku pada setiap solusi digital dari TelkomGroup.
Melalui AdXelerate Executive Connect, Telkom menegaskan komitmennya dalam menyediakan berbagai solusi digital, termasuk solusi periklanan digital yang efektif, efisien, dan aman, sekaligus mendorong pertumbuhan ekosistem digital nasional yang berkelanjutan dan berdaya saing. Inisiatif ini diharapkan dapat memperkuat fondasi industri periklanan digital Indonesia menuju era yang lebih matang dan berdaulat.