Jumat, 19 September 2025
Selular.ID -

Telkomsel Gelar IndonesiaNEXT Summit 2025, Asah Talenta Muda dengan AI

BACA JUGA

Selular.id – Telkomsel resmi menutup rangkaian program IndonesiaNEXT ke-9 melalui IndonesiaNEXT Summit 2025 yang digelar di Jakarta pada 18 September 2025. Mengusung tema “AI Sharpening Youths”, agenda pamungkas Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan Telkomsel ini bertujuan meningkatkan daya saing generasi muda Indonesia agar lebih tajam, progresif, dan siap menghadapi tantangan masa depan melalui pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial (AI).

VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Abdullah Fahmi, menyampaikan bahwa melalui IndonesiaNEXT ke-9, Telkomsel berupaya memastikan generasi muda Indonesia menjadi pelaku aktif dalam transformasi digital. “Tema ‘AI Sharpening Youths’ kami wujudkan di program CSR ini melalui kurikulum khusus AI yang bisa mendorong mereka untuk menjadi lebih tajam, progresif, dan siap untuk masa depan,” ujarnya.

IndonesiaNEXT ke-9 merupakan wadah pengembangan talenta digital muda dengan kurikulum berbasis tren industri, mencakup AI, komunikasi digital, pitching inovasi, kepemimpinan, hingga desain layanan. Program ini sejalan dengan misi Asta Cita Pemerintah Republik Indonesia dalam membangun SDM unggul melalui sains dan teknologi, serta mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Dimulai sejak Desember 2024, IndonesiaNEXT ke-9 telah menarik 9.692 pendaftar dari berbagai universitas. Setelah melalui tahapan National Webinar & Placement Test, Tech-Based Certification, dan Ideation Bootcamp, 24 finalis terbaik yang terbagi dalam delapan tim mendapatkan pembekalan intensif Digitalent Academy bersama para pakar industri pada 15-17 September 2025.

Materi pembekalan mencakup topik-topik seperti The Future of AI, Communication & Networking, Deliver a Good Pitch, Leadership for Team Building, Digital Industry Career Path, dan Service Design. Program ini melanjutkan komitmen Telkomsel dalam mengembangkan ekosistem digital Indonesia, sebagaimana tercermin dalam peluncuran kurikulum berbasis AI di IndonesiaNEXT ke-9.

Pada IndonesiaNEXT Summit 2025, delapan tim finalis mempresentasikan proyek inovasi digital mereka dalam sesi Group Pitching untuk mendapatkan gelar The Best MVP. Selain itu, sembilan talenta terbaik dari masing-masing peran (Hipster, Hustler, Hacker) berkompetisi dalam Digital Talent Challenge untuk memperebutkan gelar The Best Talents.

Berdasarkan kreativitas, kolaborasi, dan dampak yang diusung, Telkomsel mengumumkan Jason Emmanuel (BINUS University) sebagai Best Hacker, Khoiru Rizki B.A. (Universitas Negeri Surabaya) sebagai Best Hipster, dan Atha Marcela (BINUS University) sebagai Best Hustler.

Kemudian, inovasi PennyWise terpilih sebagai The Best MVP. Digagas oleh Muhammad Abir N. (Institut Teknologi Bandung), Azzalia Salsabila (Universitas Gajah Mada), dan Jason Emmanuel (BINUS University), PennyWise merupakan aplikasi keuangan pintar yang dirancang untuk Gen Z dan milenial muda.

Aplikasi ini membantu pengguna membangun kebiasaan finansial sehat dan efisien dengan mencatat pengeluaran secara cepat, menetapkan anggaran, memonitor kemajuan keuangan, dan menghindari doom spending. Fitur andalannya mencakup input one-tap, scan otomatis, chatbot AI, serta rekomendasi penghematan personal.

Perwakilan The Best MVP PennyWise sekaligus Best Hacker, Jason Emmanuel, mengatakan, “IndonesiaNEXT menjadi pengalaman berharga bagi kami di tim PennyWise. Program ini tidak hanya mengajarkan pentingnya kolaborasi, tetapi juga membuka wawasan baru tentang pemanfaatan AI.”

Ia menambahkan bahwa dalam bidang finansial, AI sangat membantu, mulai dari forecasting saldo, membaca struk, hingga mengembangkan chatbot finansial 24 jam yang bisa diakses kapan pun. “Bagi kami, AI menjadi mitra yang memperkuat produktivitas dan memberi dampak nyata bagi kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sejak pertama kali digelar pada 2016, IndonesiaNEXT telah menjangkau lebih dari 96.000 peserta dari 807 universitas di 38 provinsi, menghasilkan 256 alumni terbaik dan menerbitkan lebih dari 7.700 sertifikat kompetensi digital. Konsistensi program ini dalam membangun talenta digital muda juga terlihat dari implementasi prinsip ESG di IndonesiaNEXT Season 8.

Keberhasilan IndonesiaNEXT ke-9 tidak lepas dari dukungan kurikulum yang terus disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Seperti yang terjadi pada IndonesiaNEXT Season 7, Telkomsel konsisten menghadirkan program yang relevan dengan kebutuhan industri digital.

Ke depan, Telkomsel berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan program IndonesiaNEXT, sehingga semakin banyak generasi muda Indonesia yang terlibat dalam transformasi digital. Dengan dukungan yang tepat, talenta digital Indonesia diharapkan dapat mengakselerasi pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU