Kamis, 9 Oktober 2025
Selular.ID -

Telkom Jadikan ESG Fondasi Utama untuk Transformasi Digital Nasional

BACA JUGA

Selular.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menegaskan komitmennya menjadikan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) sebagai fondasi utama dan sistem operasi dalam transformasi menuju National Sustainability Platform. Melalui dua pilar utama, yaitu Digital Connectivity dan Digital Platform & Ecosystem Services, perusahaan digital telco terdepan ini berupaya menghadirkan konektivitas, platform digital, dan layanan ekosistem digital inklusif yang berdampak luas bagi masyarakat Indonesia.

Wakil Direktur Utama Telkom Indonesia Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa penerapan prinsip ESG pada aspek lingkungan dan sosial diperkuat dengan governance excellence sebagai fondasi. “Pada bisnisnya, Telkom menegakkan tata kelola yang transparan, akuntabel, dan berintegritas melalui standar global seperti ISO 37001 Anti-Bribery Management System, serta capaian ASEAN Corporate Governance Scorecard yang menempatkan Telkom sebagai benchmark tata kelola di kawasan,” ujar Awal dalam agenda Katadata Sustainability Action for the Future Economy (SAFE) 2025 yang digelar pada Kamis (11/9).

Dalam paparannya yang bertema “From Connectivity to Responsibility: Shaping a Greener Digital Economy”, Awal menegaskan bahwa mewujudkan ekosistem digital yang inklusif memerlukan komitmen kuat dari berbagai aspek dan kolaborasi lintas sektor. Dengan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat, pelanggan, dan pemangku kepentingan, Telkom berkomitmen terus melakukan inovasi yang terarah dan beretika demi kedaulatan nasional yang berorientasi pada keberlanjutan sosial dan lingkungan.

Dua Pilar Utama Transformasi Telkom

Digital Connectivity menjadi pilar utama dalam mendorong inklusi digital nasional. Melalui infrastruktur jaringan backbone serat optik, layanan mobile broadband, dan satelit yang dimiliki, Telkom memastikan ketersediaan akses konektivitas yang merata di seluruh Indonesia hingga ke daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T). Lebih dari itu, perusahaan juga merancang dan mengembangkan infrastruktur digital dengan menerapkan prinsip sustainability sebagai wujud komitmen menjaga masa depan Indonesia yang inklusif, hijau, dan berdaulat secara digital.

Pada pilar kedua, Digital Platform & Ecosystem Services hadir sebagai pilar transformasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan. Melalui penyediaan layanan data center, cloud, big data, AI, dan cybersecurity, Telkom berupaya memenuhi kebutuhan industri sektor publik maupun pelaku bisnis dengan tetap menerapkan prinsip keberlanjutan dan tata kelola yang baik.

Telkom juga menghadirkan ekosistem digital terintegrasi bagi berbagai sektor, mulai dari platform marketplace PaDi UMKM yang mempertemukan UMKM dengan pelanggan BUMN, telemedicine yang memperluas akses layanan kesehatan, digitalisasi pendidikan, hingga layanan digital lifestyle yang mendorong gaya hidup positif dan produktivitas.

Komitmen Lingkungan dan Sosial yang Berkelanjutan

Sebagai perusahaan yang mengutamakan prinsip ESG pada bisnisnya, Telkom memastikan setiap langkah transformasi terarah untuk menciptakan shared value bagi seluruh pelanggan, pemangku kepentingan, dan manfaat nyata bagi masyarakat dan lingkungan. Selaras dengan tujuan pencapaian Net Zero Emission Scope 1 & 2 pada 2030, Telkom terus menerapkan prinsip keberlanjutan dalam membangun infrastruktur green data center, BTS ramah lingkungan, hingga modernisasi jaringan dengan prinsip efisiensi energi dan circular economy.

Melalui program GoZero%, Telkom fokus pada program pelestarian lingkungan yang mencakup konservasi hutan, rehabilitasi ekosistem laut, penanaman mangrove, dan pengelolaan limbah kabel optik. Program ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam menjalankan bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Dari sisi sosial, Telkom mendorong transformasi digital yang inklusif lewat literasi digital, pemberdayaan UMKM, hingga layanan ramah disabilitas. Hal ini memastikan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan kesempatan dan peluang yang sama dalam memperoleh akses digital. Komitmen sosial Telkom juga tercermin dalam berbagai program seperti Sobat Aksi BUMN 2025 yang memperkuat implementasi ESG di tingkat komunitas.

Implementasi prinsip ESG yang konsisten ini telah mendapatkan pengakuan dari berbagai lembaga penilaian, sebagaimana tercermin dalam peningkatan peringkat ESG Telkom. Governance yang kuat memastikan bahwa setiap inisiatif lingkungan dan sosial bukan sekadar program jangka pendek, melainkan bagian dari strategi berkelanjutan yang memberi manfaat bagi bisnis, masyarakat, dan bangsa.

Komitmen Telkom dalam implementasi ESG juga diwujudkan melalui program Internet BAIK Series yang berkelanjutan, menunjukkan konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang bertanggung jawab. Ke depan, Telkom akan terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan transformasi digital yang berkelanjutan dan inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU