Selular.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmi meluncurkan Telkom Artificial Intelligence (AI) Center of Excellence (CoE) yang didukung oleh Telkom Solution di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Kamis (28/8). Peluncuran ini diresmikan langsung oleh Direktur IT Digital Telkom Faizal R. Djoemadi dan Direktur Enterprise & Business Service Veranita Yosephine. AI CoE merupakan inisiatif strategis Telkom di bidang AI untuk mendigitalisasi bangsa yang berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat.
Kehadiran AI Center of Excellence ini sejalan dengan agenda besar reformasi digital pemerintah yang menekankan pemanfaatan teknologi berbasis kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing nasional. Sebagai bagian dari TelkomGroup, AI CoE berkomitmen menghadirkan solusi nyata yang mendukung transformasi tersebut melalui sinergi lintas sektor dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan.
Faizal R. Djoemadi dalam sambutannya menyatakan, “Kami yakin hadirnya Telkom Indonesia AI Center of Excellence mampu menjadi pusat pengembangan, kolaborasi, serta implementasi kecerdasan buatan guna menjadi motor penggerak digitalisasi di pemerintahan dan transformasi industri di Indonesia sehingga memberi manfaat positif bagi masyarakat serta perekonomian bangsa.”
AI Center of Excellence Telkom didesain secara holistik dengan mengusung empat pilar program strategis. Keempat pilar tersebut adalah AI Campus sebagai wadah kolaborasi bersama perguruan tinggi, AI Playground yang menyediakan ruang eksplorasi dan riset praktis, AI Connect untuk mengharmonisasi para praktisi, startup, hingga pelaku bisnis, serta AI Hub untuk penciptaan solusi nyata bagi berbagai industri.
Inisiatif ini tidak hanya sekedar wacana, tetapi telah membuahkan hasil nyata melalui platform AI BigBox yang telah mendukung berbagai institusi, perusahaan, dan UMKM. Dengan kemampuan Analytics, Machine Learning, Large Language Models (LLM), dan Natural Language Processing (NLP), AI BigBox berhasil membantu mengoptimalkan operasional harian hingga meningkatkan produktivitas.
Salah satu implementasi sukses adalah asisten virtual berbentuk chatbot yang mampu memproses lebih dari 300 ribu percakapan per jam dengan cepat dan akurat. Chatbot ini digunakan untuk optimalisasi operasional atau interaksi dengan pelanggan yang lebih baik. AI BigBox juga dapat digunakan untuk e-KYC, sehingga verifikasi identitas pelanggan ataupun mitra bisa dilakukan dengan lebih efisien.
Platform ini bahkan telah berhasil mengidentifikasi lebih dari 130 ribu serangan siber setiap bulannya, menunjukkan kontribusi signifikan dalam bidang keamanan digital. Capaian ini sejalan dengan komitmen Telkom dalam memperkuat ekosistem keamanan siber nasional, seperti yang juga dibahas dalam XLSMART BRAVO 500 SUMMIT.
Baca Juga:
Dukungan terhadap adopsi AI nasional juga terlihat dari berbagai inisiatif kolaboratif yang digelar Telkom. Seperti yang terjadi dalam NeutraDC Summit 2025 yang membahas kolaborasi AI di Bali, menunjukkan konsistensi Telkom dalam membangun ekosistem digital yang komprehensif.
Proyeksi kontribusi AI terhadap perekonomian global pun cukup signifikan. PWC memproyeksikan kontribusi AI terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai hingga USD 15,7 triliun di tahun 2030. Sementara laporan Goldman Sachs memperkirakan produktivitas tenaga kerja meningkat sekitar 15% jika AI diadopsi secara masif.
Veranita Yosephine menambahkan, “Telkom AI Center of Excellence adalah langkah strategis Perusahaan dalam membangun ekosistem AI nasional secara menyeluruh dengan menggandeng berbagai pihak mulai dari penyedia teknologi dan solusi AI global hingga start-up.” Produk yang dihadirkan juga akan dikustomisasi agar sesuai kebutuhan pasar Indonesia.
Komitmen Telkom dalam pengembangan AI tidak hanya terbatas pada sektor enterprise. Seperti tercermin dalam penghargaan yang diraih oleh TelkoMedika, anak perusahaan Telkom yang fokus pada layanan kesehatan digital, menunjukkan bahwa transformasi digital TelkomGroup menyentuh berbagai sektor strategis.
Dengan kapabilitas yang dimiliki, ditambah kolaborasi bersama mitra strategis, dan dukungan penuh para pemangku kepentingan, Telkom yakin AI Center of Excellence akan menjadi akselerator utama yang mendorong keberhasilan transformasi dan digitalisasi Indonesia. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen besar Telkom sebagai perusahaan digital telco dalam menghadirkan solusi strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital berkelanjutan di Indonesia.
Melalui Telkom Indonesia AI Center of Excellence, Telkom berambisi menjadikan Indonesia lebih cerdas, inovatif, dan kompetitif di era digital. Langkah ini semakin memperkuat posisi Telkom sebagai enabler utama transformasi digital nasional, sekaligus mewujudkan visi “Telkom Empower Indonesia” dalam menghadapi tantangan dan peluang ekonomi digital masa depan.