Selular.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memperkenalkan dua varian baru layanan Wifi.id Managed Service (WMS) untuk menjawab kebutuhan konektivitas bisnis di tahun 2025. Layanan tersebut adalah WMS Standard dan WMS Fit, yang menawarkan solusi Wi-Fi terintegrasi dengan pengelolaan penuh oleh Telkom.
Kedua layanan ini dirancang untuk mendukung transformasi digital dan pertumbuhan bisnis pelanggan. Dengan model berlangganan bulanan, pelanggan tidak perlu lagi memikirkan operasional, pengawasan performa, atau penanganan gangguan, karena semuanya ditangani oleh Telkom melalui sistem auto-provisioning.
“WMS Standard dan WMS Fit adalah solusi Wi-Fi yang benar-benar bisa digunakan pelanggan untuk menyelesaikan kebutuhan konektivitas mereka. Mereka bisa mengeksplorasi berbagai fitur yang tersedia untuk meningkatkan value bisnisnya,” ujar EGM Digital Connectivity Service Telkom, Teuku Muda Nanta.
Perbedaan WMS Standard dan WMS Fit
WMS Standard menggunakan access point sebagai titik akses Wi-Fi yang dipasang di lokasi pelanggan. Layanan ini ideal untuk venue berskala besar dengan kepadatan pengguna tinggi, seperti perkantoran, institusi pemerintahan, atau area publik. WMS Standard juga dilengkapi dengan solusi Value Added Service (VAS) yang lebih kompleks.
Sementara itu, WMS Fit ditujukan untuk pelanggan dengan kebutuhan utilisasi VAS yang lebih sederhana, seperti Security Type Management dan Dashboard Venue Owner. WMS Fit menawarkan tiga pilihan kecepatan, yaitu 50, 75, dan 100 Mbps dengan perangkat ONT premium sebagai titik akses. Layanan ini cocok untuk lokasi dengan jumlah pengguna relatif sedikit, seperti kafe atau retail kecil.
Baca Juga:
Keamanan dan Kemudahan Instalasi
Keamanan dan privasi data menjadi prioritas utama Telkom dalam layanan WMS. Sistem ini mencegah komunikasi antar-perangkat pengguna yang terkoneksi WMS, sementara pengelolaan data pribadi mengikuti standar Perlindungan Data Pribadi (PDP).
Untuk memudahkan uji coba skala besar, Telkom menyediakan opsi Proof of Concept (POC) bagi enterprise dan instansi pemerintahan. Instalasi produk WMS dibantu dengan sistem auto-provisioning, di mana tim teknisi hanya perlu melakukan penarikan kabel di lokasi pelanggan yang telah terdata pada sistem Telkom. Aktivasi layanan juga dilakukan secara otomatis.
Customer experience menjadi aspek penting bagi Telkom. Pelanggan dapat menghubungi call center Tenesa atau melalui helpdesk, email, WhatsApp, dan nomor telepon yang tersedia tanpa biaya tambahan jika terjadi gangguan atau kerusakan pada layanan WMS.
Pemesanan WMS Standard maupun WMS Fit dapat dilakukan melalui website IndiBiz atau dengan menghubungi sales representative dan mengunjungi Telkom Experience Center terdekat. Dengan jaringan terluas di Indonesia dan dukungan tim operasional yang tersebar di seluruh wilayah, Telkom siap menjadi mitra terpercaya dalam kebutuhan konektivitas bisnis Anda.
Sebagai informasi tambahan, Telkom juga terus mengembangkan layanan konektivitas lainnya seperti Telkom Connectivity+ yang menawarkan ekosistem andal dan stabil untuk korporasi.