Selular.id – Implementasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Jepang merupakan bagian dari strategi Bank Indonesia dalam memperkuat konektivitas pembayaran digital lintas negara.
Sebelumnya, QRIS telah sukses diimplementasikan di Malaysia, Thailand, dan Singapura dengan volume transaksi mencapai lebih dari 5 juta.
Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia dalam siaran persnya menyampaikan bahwa inovasi fitur QRIS terus dilakukan untuk memperluas akseptasi dan mendukung inklusi ekonomi serta keuangan digital.
“Inovasi berkelanjutan ini merupakan wujud komitmen kami dalam mewujudkan sistem pembayaran yang terintegrasi,”ujarnya.
Dana menjadi penyelenggara jasa pembayaran nonbank yang menghadirkan layanan pembayaran QRIS di Jepang.
Peluncuran ini bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI, menandai perluasan jangkauan QRIS Antarnegara ke luar kawasan ASEAN untuk pertama kalinya.
Dana mencatat pertumbuhan signifikan dalam nilai transaksi QRIS Antarnegara, dengan peningkatan tiga kali lipat year-on-year untuk periode 12 bulan yang berakhir Juli 2025.
Penerimaan positif dari pengguna menjadi bukti kesiapan infrastruktur pembayaran digital Indonesia bersaing di kancah global.
Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia, mengungkapkan komitmen platformnya dalam mendukung implementasi QRIS Antarnegara.
“Kami memastikan pengguna bisa bertransaksi QRIS dengan lancar di negara-negara tujuan melalui tiga upaya utama: teknologi yang aman, tampilan ramah pengguna, dan pelayanan terbaik,” jelasnya.
Ekspansi ke Jepang ini sejalan dengan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2030 yang dicanangkan Bank Indonesia.
Kolaborasi strategis dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) semakin memperkuat posisi DANA sebagai mitra utama dalam mewujudkan visi nasional menuju masyarakat nontunai.
Baca Juga:
Keberhasilan implementasi QRIS di tiga negara ASEAN sebelumnya menjadi fondasi penting untuk ekspansi ke Jepang.
Sistem pembayaran yang terstandardisasi memungkinkan interoperabilitas yang smooth antara berbagai penyedia jasa pembayaran dari不同 negara.
Pengguna Dana kini dapat melakukan transaksi di merchant-merchant Jepang yang telah mendukung QRIS dengan mengikuti prosedur penggunaan QRIS di luar negeri yang telah disederhanakan.
Kemudahan ini diharapkan dapat meningkatkan frekuensi transaksi lintas negara sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi digital.
Ekspansi ke Jepang membuka babak baru dalam sejarah pembayaran digital Indonesia.
Sebelumnya, rencana implementasi QRIS di Jepang telah diumumkan sebagai bagian dari roadmap pengembangan QRIS Antarnegara. Realisasi yang lebih cepat dari perkiraan menunjukkan kesiapan ekosistem pembayaran digital Indonesia.
Perluasan jangkauan QRIS ke Jepang tidak hanya menguntungkan wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Negeri Sakura, tetapi juga membuka peluang bagi merchant Indonesia untuk menerima pembayaran dari turis Jepang di masa depan.
Reciprocal agreement semacam ini akan semakin mempererat hubungan ekonomi bilateral antara kedua negara.
Dengan kesuksesan implementasi di Jepang, roadmap selanjutnya akan fokus pada perluasan ke negara-negara lain di Asia seperti Korea Selatan dan India.
Langkah strategis ini diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia dalam ekosistem pembayaran digital global dan membuka jalan bagi kerja sama lintas negara yang semakin erat.