Selular.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TelkomGroup) meluncurkan Telkom AI Center of Excellence sebagai inisiatif strategis untuk mempercepat adopsi kecerdasan buatan di Indonesia. Peluncuran dilakukan bertepatan dengan penyelenggaraan Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) 10th Edition 2025 di Bali International Convention Center, Nusa Dua, pada 30 Agustus 2025.
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Veranita Yosephine dan Direktur IT Digital Telkom Faizal Rochmad Djoemadi secara resmi memperkenalkan pusat keunggulan AI ini sebagai bagian dari strategi implementasi kecerdasan buatan di lingkungan TelkomGroup. Kehadiran Telkom AI Center of Excellence diharapkan dapat memperkuat peran Telkom sebagai digital transformation enabler lintas industri di Tanah Air.
Veranita Yosephine menyatakan bahwa Telkom AI Center of Excellence merupakan langkah strategis perusahaan dalam membangun ekosistem AI nasional yang menyeluruh. “Kami menggandeng berbagai pihak mulai dari penyedia teknologi dan solusi AI global hingga start-up, dan produk yang dihadirkan juga akan dikustomisasi agar sesuai kebutuhan pasar,” ujarnya.
Pusat keunggulan AI ini terdiri dari empat pilar utama yang dirancang untuk mendukung pengembangan ekosistem AI di Indonesia. AI Campus membuka ruang kolaborasi dengan perguruan tinggi, AI Playground berfungsi sebagai sarana riset dan eksplorasi praktis, AI Connect mempertemukan praktisi, start-up, dan pelaku bisnis, serta AI Hub yang fokus pada solusi nyata untuk berbagai sektor industri.
Telkom AI Center of Excellence yang merupakan bagian dari Telkom Solution menyediakan platform teknologi dan wadah pengembangan use case serta pengembangan talenta AI. Inisiatif ini bertujuan memperkuat konektivitas digital, inovasi, dan kolaborasi Telkom Indonesia dengan berbagai stakeholders.
Kolaborasi mencakup sektor pendidikan dengan melibatkan institusi ternama seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Teknologi DEL, Telkom University, Universitas Brawijaya, dan Universitas Teknologi Logistik & Bisnis Internasional. Selain itu, kerja sama juga menjangkau sektor swasta, publik, pemerintah, serta start-up nasional.
Veranita menambahkan bahwa dengan kapabilitas di bidang teknologi serta akses terbesar di market enterprise lintas segmen, Telkom akan berperan sebagai business partner dalam menyediakan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik pelanggan. “Hal ini akan memberikan dampak konkrit bagi pelanggan, termasuk pelaku UMKM yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia,” tegasnya.
Baca Juga:
Peluncuran Telkom AI Center of Excellence mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan. Kepala Lembaga Kebijakan Barang/Jasa Pemerintah Hendrar Prihadi mengapresiasi inisiatif tersebut dengan menyatakan bahwa teknologi AI akan sangat membantu industri pemerintahan dalam melakukan perbaikan proses. “Ini dapat memberikan layanan yang semakin baik ke depannya,” ucap Hendrar.
CEO NSEI Paragon Corp Salman Subakat juga menyambut baik langkah Telkom ini. Menurutnya, adopsi AI penting untuk mempertahankan relevansi industri consumer goods di tengah persaingan global. “Sudah terbukti AI dapat mempercepat pengembangan di banyak aspek dan membawa perubahan. Ini adalah biggest momentum bagi bangsa Indonesia untuk membangun ekosistem yang berdaya saing global,” jelas Salman.
Kehadiran Telkom AI Center of Excellence sejalan dengan perkembangan ekosistem AI di Indonesia yang semakin menguat. Seperti yang terjadi dalam XLSMART BRAVO 500 SUMMIT, kolaborasi antar pemangku kepentingan terus dibangun untuk menciptakan fondasi AI yang kokoh.
Telkom sendiri telah memiliki pengalaman dalam mengembangkan solusi berbasis AI, seperti yang terlihat dalam inisiatif AI BigBox untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Pengalaman ini menjadi modal berharga dalam mengoperasikan pusat keunggulan AI yang komprehensif.
Dengan pengembangan bisnis teknologi di bidang AI yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan pasar, Telkom AI Center of Excellence semakin menunjukkan komitmen Telkom Indonesia untuk menjadi digital telco yang terdepan. Inisiatif ini diharapkan dapat berdampak positif bagi seluruh stakeholders dan berkontribusi aktif bagi perekonomian Indonesia di era digital yang dinamis.
Komitmen Telkom dalam transformasi digital juga tercermin dari berbagai penghargaan yang diraih anak perusahaannya, termasuk TelkoMedika yang baru saja meraih Public Relations Popular Companies Awards 2025. Prestasi ini menunjukkan konsistensi grup dalam membangun ekosistem digital yang berkelanjutan.
Ke depan, Telkom AI Center of Excellence diharapkan dapat menjadi katalisator percepatan adopsi AI di berbagai sektor industri Indonesia. Dengan pendekatan kolaboratif dan solusi yang terpersonalisasi, inisiatif ini berpotensi membawa transformasi signifikan dalam landscape digital nasional.