Selular.id – Telkomsigma, anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, berkolaborasi dengan Google Cloud Indonesia untuk memperkuat layanan berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam rangka mendukung transformasi digital perusahaan. Kolaborasi ini diwujudkan melalui acara Business Insight Session bertajuk “The Intelligent Enterprise: Driving Growth and Efficiency with Data–Powered AI” yang digelar beberapa waktu lalu.
Sebagai Premier Partner Level Google Cloud Platform (GCP), Telkomsigma memanfaatkan kapabilitas talenta IT profesional dan dukungan Google Cloud untuk menyediakan solusi layanan digital berbasis cloud. Langkah ini bertujuan mengakselerasi transformasi digital di berbagai industri, terutama sektor prioritas, guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang berkelanjutan.
Direktur Utama Telkomsigma Dwi Sulistiani mengatakan, “Kemitraan strategis ini bertujuan mempercepat transformasi digital dan adopsi AI untuk memperkuat analitik data perusahaan. Tantangan dalam pengelolaan big data secara aman dapat diatasi melalui solusi yang kami tawarkan bersama Google Cloud.”
Tantangan Pengelolaan Big Data
Kompleksitas dan volume data yang besar sering menjadi kendala utama bagi perusahaan, terutama dalam hal penyediaan data real-time, integrasi, serta pengolahan data untuk menghasilkan insight yang relevan. Kecepatan dan ketepatan analisis data juga menjadi faktor krusial dalam pengambilan keputusan strategis untuk mendukung produktivitas bisnis.
Untuk mengatasi tantangan ini, Telkomsigma dan Google Cloud mendiskusikan solusi BigQuery yang mengadopsi teknologi AI dan Machine Learning (ML). Solusi ini memungkinkan pengolahan data dalam skala besar secara cepat, tepat, dan akurat, sehingga membantu perusahaan dalam analisis data yang lebih efisien.
Baca Juga:
Komitmen Telkomsigma dalam Transformasi Digital
Business Insight Session menjadi wadah rutin bagi pelanggan Telkomsigma untuk membahas tren teknologi digital dan use case pemanfaatan AI di berbagai industri. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas bisnis secara berkelanjutan.
Kolaborasi ini juga sejalan dengan upaya perusahaan lain dalam mengembangkan layanan berbasis AI, seperti Microsoft yang menghadirkan model AI DeepSeek dan PINS yang bekerja sama dengan Cisco untuk solusi cloud terintegrasi.
Ke depan, Telkomsigma berkomitmen terus memperluas layanan cloud dan AI untuk mendukung kebutuhan bisnis di Indonesia, sekaligus memperkuat posisinya sebagai pemain utama dalam ekosistem digital nasional.